Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 05:30 WIB
  • Mengunjungi Samosir, Pulau Eksotis Pecahan Surga

  • Oleh
    • Anisa Widiarini
Mengunjungi Samosir, Pulau Eksotis Pecahan Surga
Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Widiarini
Danau Toba

VIVA – Pulau kepingan surga. Itulah ungkapan yang cocok disematkan bagi pulau Samosir. Pulau eksotik yang terletak di Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara ini memiliki panorama memesona.

Sepanjang mata memandang, hamparan danau luas yang dikelilingi bukit hijau, pegunungan tua juga semilir angin, membawa ketenangan dan relaksasi tersendiri.

Tidak sulit mencapai tempat ini. Dari Jakarta, Anda bisa mengambil penerbangan ke Bandara Silangit di Siborongborong, Kabupaten Tapanuli, Sumatera Utara.

Setelah itu Anda bisa menyewa kendaraan umum menuju pelabuhan Parapat untuk menyeberang. Jangan khawatir, total perjalanan Anda hanya memakan waktu tak lebih dari 5 jam. 

Terdapat 15 kecamatan di Pulau Samosir. Mayoritas mata pencarian penduduk Samosir adalah tambak ikan dan bertani jagung, sayur mayur, padi, hingga kopi. 

Hasil budidaya tambak yang paling khas di pulau ini adalah ikan pora-pora, yang segar dan cocok disajikan dengan berbagai macam jenis masakan. 

Mayoritas masyarakat Samosir gemar mengonsumsi tuak dari fermentasi tanaman nira. Tuak juga disuguhkan sebagai minuman perjamuan kehormatan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Masyarakat Pulau Samosir 90 persen menganut agama Nasrani, sisanya diketahui masih menganut animisme. Sebagian besar penduduk Samosir keturunan Batak Toba. Karenanya, adat istiadat masih sangat kental dirasakan jika Anda memasuki kawasan Samosir.

Ketika VIVA.co.id berkunjung ke pulau ini, kondisi infrastruktur dan transportasi Samosir sudah jauh lebih baik. Pemerintah juga memfokuskan pembangunan Samosir sebagai tempat wisata,'The Next Bali'.

Nani Andriani, pemandu wisata dari Dinas Pariwisata Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa fasilitas dan infrastruktur Samosir sudah dibangun sejak 4 tahun lalu. "Sudah sejak 2011, jalan di Samosir diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten. Tujuannya untuk memajukan pariwisata di sini," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, bahwa sejak dulu Samosir menjadi tujuan wisata favorit, namun karena aksesnya yang sulit membuat ativitas para wisatawan terbatas.

10 destinasi wisata yang memukau
 

Pulau Samosir memiliki 10 destinasi wisata unggulan yang bisa dikunjungi. Beberapa di antaranya desa Tuk-tuk dan desa Tomok yang menjadi pusat wisata penginapan. Bagi Anda yang ingin mencari penginapan sambil merasakan hempasan semilir angin Toba dan pemandangan memukau, Anda bisa mengunjungi tempat ini.

Lalu Anda juga bisa berkunjung ke desa Sianjur Mula-mula yaitu desa bukit Pusukbuhit yang sakral di mana Raja (Dewa) Mulajadi Nabolon pertama kali menginjakkan kakinya di tanah Batak. 

Anda juga bisa menikmati kekayaan budaya Batak di perkampungan Huta Siallagan di desa Ambarita. Di sini Anda bisa belajar menenun dan mempelajari sejarah budaya hukuman peradilan batak kuno.

Jika gemar berolahraga, Anda bisa mencoba objek wisata camping ground di Paropo dan paralayang bukit Kalaho atau sekedar melihat pemandangan Danau toba dari sisi barat. (mus)