Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 17:30 WIB
  • Durasi Bercinta Sepasang Panda Asal Tiongkok Cuma 1 Menit

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Durasi Bercinta Sepasang Panda Asal Tiongkok Cuma 1 Menit
Photo :
  • Viva.co.id/Diza Liane
Panda asal Tiongkok di Taman Safari Cisarua Bogor

VIVA – Sepasang panda asal Tiongkok, Cai Tao dan Hu Chun baru saja mulai beradaptasi di rumah barunya di Istana Panda Indonesia, Cisarua, Bogor. Panda tersebut nantinya akan mulai menjalani musim kawin di pertengahan tahun.

Sekitar bulan Juni dan Juli merupakan masa kawin untuk para panda. Di musim tersebut, birahi para panda akan mencapai puncaknya. Namun, ternyata waktu yang dibutuhkan untuk bercinta cukup singkat yaitu 1 menit saja.

"Kalau sekarang pandanya dipisahkan dulu, karena pada dasarnya mereka hewan yang hidup sendiri. Nanti saat musim kawin, bulan juni-juli akan digabungkan dan kawinnya sebentar saja, hanya satu menit," ujar Group Head of Marketing Taman Safari Indonesia, Triyoba Nataria, dalam temu media di Cisarua, Bogor, Kamis 2 November 2017.

Selain itu, masa kehamilannya juga cukup singkat yaitu hanya tiga bulan. Namun, proses melahirkan cukup lama, memakan waktu sekitar 1-2 hari lamanya.

Sepasang panda yang masih dalam masa adaptasi tersebut, Cai Tao dan Hu Chun, masih ditempatkan di areanya masing-masing. Nanti, saat bulan juni-juli, akan digabungkan dalam satu tempat yang sama di area outdoor.

"Ruang kaca yang di atas, sengaja kami persiapkan untuk keduanya kawin nanti. Tapi sekarang masih di dalam kamar yang berbeda dulu," papar Yoba.

Menurut Yoba, usia kedua panda itu sudah sangat matang untuk melalui musim kawinnya nanti. Terlebih, panda memiliki usia siap kawin dimulai dari usia 5 tahun.

"Tujuh tahun itu udah usia yang sangat matang untuk ukuran panda, karena mereka biasanya hidup dalam waktu hingga 20 tahun saja. Saat melahirkan, anaknya bisa sangat kecil sekali, tapi saat sudah tiga bulan, bulunya sudah tebal dan badannya membesar hingga saat usia 1 tahun bisa memiliki berat badan 45 kilogram," paparnya.