Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 17:46 WIB
  • Aksi Menggemaskan Hu Chun dan Cai Tao Saat di Istananya

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Diza Liane Sahputri
Aksi Menggemaskan Hu Chun dan Cai Tao Saat di Istananya
Photo :
  • VIVA.co.id/ Diza Liane Sahputri
Istana Panda, Taman Safari Indonesia

VIVA – Masih ingat dengan kedatangan dua panda lucu dari Tiongkok, Cai Tao dan Hu Chun? Nah, kedua panda dewasa itu kini sudah memiliki rumah baru di Istana Panda, Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor.

Setelah resmi menyambut kedatangan sepasang panda raksasa di Bandara Soekarno Hatta 28 September 2017 lalu, sepasang panda lucu  kini sedang dalam masa penyesuaian dan diberi fasilitas yang mirip dengan tempat tinggal aslinya. Nantinya, panda-panda ini pun bisa Anda kunjungi akhir bulan November tahun ini.

"Lokasi Istana Panda terletak di ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut. Tempatnya di sekitaran Gunung Gede, Pangrango dan dibentuk seperti habitat aslinya di Waolong, China, dengan suhu 15-24 derajat celcius," ujar Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang, dalam temu media di Cisarua, Bogor, Kamis 2 November 2017.

Istana panda ini menjadi rumah bagi Panda jantan bernama Cai Tao dan Panda betina bernama Hu Chun. Selama kurang lebih 10 tahun mereka dipinjamkan dan diharapkan, selama berada di Indonesia, mereka bisa memiliki keturunan.

"Anaknya akan kembali tinggal di China untuk menghindari perkawinan sedarah nantinya. Ditakutkan merusak genetik panda tersebut," paparnya.

Panda Raksasa

Tim VIVA.co.id berkesempatan mengunjungi Istana Panda Indonesia itu. Saat memasuki kawasan tersebut, dua patung panda lucu dan menggemaskan sudah menyambut di depan gerbang. Selain itu, di kawasan ini sudah mulai ditanam berbagai jenis bambu untuk makanan pasangan panda tersebut.

Turun dari shelter bus, pengunjung akan merasakan nuansa Tiongkok yang kental dengan tiga patung panda besar yang sangat menggemaskan. Kemudian, terdapat area sky walk yakni anjungan lantai kaca dengan pemandangan gunung berkabut yang pas untuk diunggah di media sosial.

Dibangun selama kurang lebih dua tahun, Istana Panda Indonesia terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama yaitu area souvenir dengan suguhan lebih dari 100 macam jenis buah tangan berbentuk khas panda, mulai dari boneka, baju, tas, topi, hingga sweater.

Lantai kedua merupakan area restoran yang mencakup dua ruangan yakni food court dan VIP room untuk kapasitas total 350 orang. Tak hanya itu, saat menginjakkan kaki di istana ini, sepasang mata akan dimanjakan dengan indahnya taman bertema budaya Tiongkok. Taman itu juga sekaligus tempat tingal binatang khas Tiongkok lain yaitu panda merah dan takin.

Giant Panda

Di lantai paling atas, lantai ketiga merupakan arena exhibit pasangan panda yang terdiri dari dua area, indoor dan outdoor. Dirancang sedemikian rupa oleh perancang profesional, Jon Coe untuk memberikan nuansa habitat aslinya.

"Kami sengaja memberikan ruang edukasi juga di lantai tiga agar pengunjung bisa memahami bagaimana tubuh panda dan karakternya. Ada juga panda hospital untuk analisa penyakit pada panda yang kami sediakan," ujar Jansen Manansang.

Untuk Anda yang ingin berwisata ke Istana Panda Indonesia untuk melihat pasangan panda menggemaskan ini, cukup merogoh kocek Rp230 ribu (dewasa) dan Rp210 ribu (anak). Pastinya, Anda dan keluarga akan sangat terhibur dengan tingkah lucu sepasang panda raksasa yang baru saja sebulan tinggal di Cisarua, Bogor.

Giant Panda