Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 11:23 WIB
  • Main ke Cisarua, Lihat Panda Asal Tiongkok yang Bikin Gemes

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Main ke Cisarua, Lihat Panda Asal Tiongkok yang Bikin Gemes
Photo :
  • Viva.co.id/Diza Liane
Panda asal Tiongkok di Taman Safari Cisarua Bogor

VIVA – Liburan akhir pekan, biasanya dimanfaatkan untuk rekreasi. Namun, banyak yang menginginkan hanya bepergian di seputar Jakarta dan Bogor saja.

Jika ingin berlibur di sekitar puncak bogor, sempatkan untuk mampir menyaksikan lucunya panda asal Tiongkok Cai Tao (jantan) dan Hu Chun yang belakangan ini jadi primadona.

Tingkah lucu sepasang panda asal Tiongkok selalu memberi rasa penasaran. Tak hanya wajahnya yang lucu, sifat dan karakter keduanya selama tinggal di rumah barunya di Istana Panda Indonesia, Taman Safari, Bogor sering mengundang gelak tawa.

Meski baru satu bulan menjalani masa karantina, di Istana Panda Indonesia, Taman Safari Indonesia Indah, keduanya sudah menunjukkan karakteristik yang menggemaskan. 

"Kalau yang Hu Chun, karena dia betina, sikapnya lebih tenang. Tapi, ada waktunya juga kadang dia guling-guling di rumput atau ngerusak pohon buat dijadiin makanannya dia. Lucu banget kalo udah manjat pohon padahal badannya besar," ujar Group Head of Marketing Taman Safari Indonesia, Triyoba Nataria, kepada VIVA.co.id di Cisarua, Bogor.

Berbeda dengan si tampan Cai Tao. Karakteristiknya terbilang cukup agresif dengan terlalu banyak berjalan-jalan di kamarnya. Bahkan, Cai Tao nampak doyan difoto, lho!

"Yang jantan, kelihatan nakalnya khas cowok-cowok, seperti sering memanjat dan aktif banget. Agresif kalau ada orang banyak. Jadi dia tahu saat banyak orang, dia suka jadi narsis," jelas Yoba seraya tertawa.

Namun, Sepasang panda ini memiliki hobi yang sama yaitu doyan makan dan tidur. Makanan sepasang panda ini didominasi oleh bambu serta ditambah buah-buahan seperti apel dan sumber protein dari mantao.

Yoba menambahkan, di Istana Panda, terdapat hewan lainnya yang juga berasal dari Tiongkok yaitu panda merah dan Takin. Saat VIVA.co.id berkunjung ke Istana Panda, kami berkesempatan melihat aksi dari panda merah. Hewan ini mengingatkan kami akan tokoh Sifu, guru dari panda Po di film Kungfu Panda.

"Ada tiga pasang red panda di sini, empat betina dan dua jantan. Red panda ini berbeda family dengan Cai Tao dan Hu Chun, yaitu condong ke family rakun bukan family beruang," ujar penjaga red panda, Cacih Lidia kepada VIVA.co.id di kesempatan yang berbeda.

Karena itu, sifat yang dimilikinya pun berbeda dengan panda tersebut. Red panda terlihat lebih mudah didekati oleh manusia. Meski begitu, makanan yang dikonsumsi sama dengan sepasang panda besar itu.

"Mereka bisa dide?ati oleh manusia karena sifatnya tidak terlalu sensitif seperti panda. Tapi, red panda ini sedikit curigaan kalau ketemu orang baru," paparnya.

Nah, tertarik mengunjungi hewan lucu dan menggemaskan ini? Istana Panda ini akan resmi dibuka pada akhir November mendatang. Untuk Anda yang ingin berwisata ke Istana Panda Indonesia mengunjungi pasangan panda menggemaskan ini, cukup merogoh kocek Rp 230 ribu (dewasa) dan Rp 210 ribu (anak), yang mencakup wisata ke arena binatang lainnya dan istana panda. (hd)