Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 14:10 WIB
  • Menikmati Sunset di Air Terjun Binangalom Danau Toba

  • Oleh
    • Anisa Widiarini
Menikmati Sunset di Air Terjun Binangalom Danau Toba
Photo :
  • Viva.co.id/Anisa Widiarini
Air Terjun Binangalom Danau Toba Sumatera Utara

VIVA – Sumatera Utara memiliki banyak wisata alam yang unik, salah satunya wisata air terjun. Jika Anda berkunjung ke Danau Toba, dan merencanakan mampir ke Pulau Samosir, sempatkanlah berkunjung ke arah timur Danau Toba, di sana Anda dapat menyaksikan indahnya air terjun Binangalom.

Air Terjun Binangalom, atau yang sering disebut dengan nama Air Terjun Situmurun berasal dari mata air yang langsung mengalir ke Danau. 

Air Terjun Binangalom disebut demikian karena airnya berasal dari Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kota Parapat, Sumatera Utara.

Uniknya, air yang mengalir langsung jatuh ke Danau Toba ini bukanlah air sisa irigasi, namun memang dari mata air yang ada di pegunungan Toba.

Air Terjun Binangalom Danau Toba Sumatera Utara

Ketika VIVA.co.id berkunjung ke sana, setidaknya ada beberapa aktifitas yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke air terjun ini adalah berenang, bersantai dan tentunya berfoto. Karena air terjun setinggi 70 meter ini terlihat sangat cantik dengan lapisan lumut hijau yang tebal di sekitar tebingnya, sehingga panorama tersebut sangat cocok jika dijadikan spot foto.

Jika Anda tidak pandai berenang, tetapi hati-hati bagi yang tidak bisa berenang, karena air yang ada di sekitar binangalom ini diketahui kedalamannya mencapai 500 meter.

Selain berenang, Anda juga bisa memancing atau sekedar ngopi di tepian air terjun. Ada semacam landasan dermaga dengan warung-warung kopi sederhana, yang memang sengaja dibuat untuk melengkapi wisata air terjun.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan burung bangau yang sedang mencari ikan di sekitar danau. Waktu yang paling tepat untuk menikmati Air Terjun Binangalom adalah saat senja hari, sambil menikmati matahari tenggelam.

Air Terjun Binangalom Danau Toba Sumatera Utara

Untuk menuju ke Air Terjun Binangalom sendiri Anda dapat menyewa kapal dari desa Tigaras di Parapat, tepatnya dari depan hotel Antasari. Dari sana perjalanan ke air terjun memakan waktu kurang lebih satu jam.

Tarif sewa kapal wisata mulai dari Rp500-600 ribu per kapal. Sebaiknya, Anda bersama rombongan karena kapal yang disewa cukup besar.

Kapal wisata menuju air terjun Binangalom Danau Toba Sumatera Utara