Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 14:25 WIB
  • Wisata Seru di Jalur Bedah Menoreh yang Layak Disinggahi

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Isra Berlian
Wisata Seru di Jalur Bedah Menoreh yang Layak Disinggahi
Photo :
  • http://dinpar.kulonprogokab.go.id
Waduk Sermo

VIVA – Pemerintah Kulon Progo, tengah membangun proyek jalur bedah Menoreh menuju Borobudur, Kabupaten Magelang. Nantinya, jalur sepanjang 65 kilomerer yang membentang dari selatan menuju utara tersebut akan menjembatani Kulon Progo menuju Candi Borobudur.

"Nantinya, dengan adanya jalur ini akan memudahkan wisatawan menuju ke Candi Borobudur, seiring dibangunnya Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo,” kata Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo di Kantor Bupati Kulonprogo, Jumat 3 November 2017.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa proyek ini tidak hanya membantu memudahkan wisatawan menuju Candi Borobudur yang ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, tetapi juga membantu akses masyarakat sekitar daerah Kulon Progo yang dilalui jalur Menoreh ini.

"Kulon Progo itu 35 persennya pegunungan, dari 12 kacamatan ada empat kecamatan yang berada di daerah pegunungan. Jadi, kita ingin buka daerah pegunungan, agar bisa berkembang lebih cepat," ujar dia.

Sutedjo menyebut bahwa proyek yang telah berjalan sejak 2016 lalu tersebut baru dapat menyelesaikan sembilan kilometer dari total 65 kilometer jalur yang harus dibangun.

"Tahun ini sudah 3 km. Memang programnya multiyears. Kami rencanakan ini bisa selesai 2022 sesuai RPJMD 2017-2022," ucapnya.

Adapun jalur tersebut akan melalui ruas Siluwok-Klepu, Waduk Sermo, Goa Kiskendo, wisata kebun teh Tritis, wisata alam Suroloyo, wisata ziarah Sendangsono, Kedung Bendo hingga sampai ke Borobudur.

Waduk Sermo

Wisata alam ini terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Waduk sepanjang 21 kilometer ini berbentuk lingkaran dan beraspal. Sambil menikmati pemandangan waduk dan sejuknya udara perbukitan, Anda bisa naik perahu wisata, bersepeda, jogging, memancing atau bersantai.

Gua Kiskendo

Merupakan salah satu destinasi dengan kisah sejarah menarik. Gua yang terletak di Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo Kulonprogo ini memiliki kedalaman 800 meter.

Di sana, Anda akan menjumpai stalaktit dan stalaknit dan relief cerita wayang. Bahkan tak jauh dari mulut Gua Kiskendao, ada Gua Sumitro yang memiliki dua mulut vertikal dan horizontal yang mengalir sungai bawah tanah.

Kebun Teh Tritis

Perjalanan menuju kebun teh yang berlokasi di Desa Ngargosari, kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progon ini cukup menantang karena harus melewati jalanan yang lumayan ekstrim, seperti tanjakkan dan turunan tajam.

Di kebun ini, ada rumah yang berfungsi sebagai tempat beristirahat. Dan di sana, Anda dapat dimanjakan dengan pemandangan perbukitan menoreh yang cantik sambil mencicipi dan membeli teh hasil olahan kebun teh Tritis.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu bukit tertinggi di pegunungan Menoreh. Dengan ketinggian 1.091 dari permukaan laut, kamu bisa melihat merasakan udara sejuk, pemandangan indah dan empat gunung besar di pulau Jawa, seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro.

Sendangsono

Sendangsono atau Gua Maria Sendangsono adalah tempat wisata religi Bunda Maria bagi umat Katholik yang terletak di Desa Banjaroyo, kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. tak hanya untuk ziarah, tempat ini juga nyaman untuk disinggahi lantaran terdapat mata air.  

 

Ndherek Dewi Maria.

A post shared by ENJI (@eprsbn) on