Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 16:57 WIB
  • Sensasi Swafoto dengan Kawanan Hiu di Karimunjawa

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Sensasi Swafoto dengan Kawanan Hiu di Karimunjawa
Photo :
  • Viva.co.id/Dwi Royanto
Penangkaran Hiu di Karimun Jawa

VIVA – Berwisata ke Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah tak lengkap rasanya jika tak menjajal spot swafoto atau selfie bersama kawanan hiu. Spot tersebut berada di Pulau Menjangan Kecil tak jauh dari dermaga pulau eksotis tersebut.

Sebuah penangkaran ikan hiu memang telah menjadi lokasi favorit swafoto wisatawan selama ini. Kawanan hiu itu hidup di beberapa kolam besar wilayah pantai. Meski menjadi ikan pemangsa daging, namun ikan-ikan hiu tersebut tampak ramah dengan pengunjung.

Mashudi, selaku tour guide Arjuna Karimunjawa menyebut, penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar Karimunjawa telah ada sejak tahun 1970-an silam. Ada lebih dari 40 hiu berada di empat kolam besar. Jenisnya adalah hiu putih dan hiu hitam.

Menurut dia, penangkaran bernama Hiu Kencana itu memang menjadi rujukan wisatawan yang datang di pulau eksotis tersebut.

"Selain penangkaran hiu di Menjangan Kecil, juga ada keramba ikan, wisma apung serta penginapan," kata Mashudi kepada VIVA co.id, Jumat, 3 November 2017. 

Untuk bisa berswafoto dengan kawanan ikan hiu, pengunjung bahkan harus terjun langsung ke kolam dengan kedalaman 1,5 meter. Para pemandu wisata lalu akan memancing para ikan hiu tersebut datang ke satu titik dengan umpan berupa ikan-ikan yang lebih kecil. Nah, sensasi berkerumun dengan ikan hiu besar langsung terasa.

"Meski hiu itu berkerumun dengan manusia tapi tetap aman dan tidak menggigit. Syaratnya jangan dipegang kepalanya. Jasa foto bareng hiu hanya Rp150 ribu," ujar Mashudi.

Selain berswafoto dengan ikan hiu, pengunjung juga dimanjakan dengan spot swafoto di penangkaran bintang laut serta ikan buntal. Ada juga penangkaran bayi-bayi ikan hiu yang dipisahkan dari induknya untuk dibesarkan. 

Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama di pulau ini, pengelola pulau juga menyiapkan 12 kamar penginapan dengan tarif Rp450 ribu per malam. Penginapan itu bahkan berada tepat di depan penangkaran hiu dengan spot pemandangan laut Karimunjawa yang indah. 

Akses menuju Pulau Menjangan Kecil pun cukup mudah. Dari Pelabuhan Karimunjawa wisatawan harus menaiki kapal-kapal kecil selama lima menit. Untuk tarif kapal Rp50 ribu per orang dengan tiket masuk pulau Rp40 ribu. 

Pulau penangkaran ikan hiu Karimunjawa sendiri tak pernah absen dikunjungi wisatawan tiap harinya. Paling ramai saat momentum tahun baru, hari raya, serta tanggal merah.  

"Kalau hari khusus itu bisa mencapai 1500 pengunjung per hari. Kalau sepi biasanya hanya 100 orang per harinya," ujar dia.

Penangkaran Hiu di Karimun Jawa

Penangkaran Hiu di Karimun Jawa