Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 4 November 2017 | 19:15 WIB
  • Kulonprogo Makin Populer, Jumlah Wisatawan pun Melonjak

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Kulonprogo Makin Populer, Jumlah Wisatawan pun Melonjak
Photo :
Bukit (Ng)ISIS di Titik Nol Kebun Teh Nglinggo, Kulonprogo

VIVA – Seiring pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, pemerintah daerah setempat menargetkan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan lebih dari 50 persen dibanding tahun lalu, yang telah mencapai 111 ribu wisatawan.

"Tahun ini kami targetkan 300 ribuan wisatawan datang. Kalau tahun depan kami tidak bisa menargetkan lebih dari 400 ribu, karena dua pantai unggulan kami salah satu terkena dampak pembangunan bandara oleh Angkasa Pura I," kata Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Krissutanto di Kantor Bupati Kulonprogo, Jumat, 3 November 2017.

Dia menyebut, untuk dapat menarik jumlah kunjungan wisatawan, pemkab pun masih mengandalkan wisata alam maupun budaya. Selain itu, pemda telah menyiapkan berbagai acara yang diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Kulonprogo.

"Kami baru menetapkan event nasional di tahun 2018. Kami pun telah melakukan koordinasi dengan Angkatan Udara dalam menggelar event air show. Selain itu, kami sudah menggelar festival budaya Menoreh hingga festival Segiwo Sudali, yang mirip seperti pertunjukan Ramayana di Prambanan yang kami gelar per tiga bulan," katanya.

Pemkab Kulonprogo pun hingga kini masih mengandalkan beberapa destinasi wisata yang ada di daerahnya seperti Kalibiru hingga Waduk Sermo.