Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 06:12 WIB
  • Enam Negara Teraman jika Perang Dunia Ketiga Terjadi

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Enam Negara Teraman jika Perang Dunia Ketiga Terjadi
Photo :
  • businessinsider.com
Kota Zurich, Swiss

VIVA – Potensi perang dunia ketiga menguat dipicu oleh konflik politik antara Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Kim Jong Un mengutarakan, pihaknya akan mempersiapkan uji coba rudal balistik lainnya.

Bila Korea Utara melaksanakan rencana itu, dikhawatirkan memicu terjadinya perang dunia ketiga. Jika perang tersebut pecah, banyak negara akan terkena dampaknya, dan banyak orang dipaksa untuk mengungsi dari negara untuk mencari tempat aman. 

Dilansir dari laman Express, Senin 12 November 2017, berikut beberapa negara yang dinyatakan aman untuk dikunjungi selama terjadi perang berdasarkan Indeks Perdamaian Global antara lain, sebagai berikut.

Kanada

Kanada berada di urutan kedelapan dari 163 negara paling aman dalam Indeks Perdamaian Global 2017. Kanada pun masih tetap mempertahankan posisi yang sama seperti tahun lalu. Dengan skor 1,1 dari lima untuk konflik domestik dan internasional (semakin rendah semakin baik, dalam kasus ini).

Denmark

Wilayah ini berisi wilayah terpencil, yang tidak memiliki wilayah politik Greenland.

Islandia

Secara Geografis negara ini tidak pernah berkonflik dengan negara-negara di dunia, yang berarti tempat ini bisa terhindar dari krisis perang dunia. Ditambah lagi, dengan skor 1 dalam Indeks Perdamaian Global menjadi negara berprospek paling aman di dunia bila perang dunia ketiga terjadi. 

Austria

Austria berada di urutan ke-4 dari 163 negara pada Indeks Perdamaian Global. 

Slovenia

Slovenia tetap netral, saat terjadi Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Hal ini membuat negara ini tidak terjerat dalam konflik bersejarah apapun. Negara ini pun mengembangkan sumber listrik termal, surya, dan pembangkit listrik tenaga air, yang berarti tidak akan bergantung pada energi dari luar negeri selama krisis internasional.

Swiss

Dikenal dengan kenetralannya selama Perang Dunia II. Ini tak lain, karena letak Swiss yang dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan. (asp)