Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 12:41 WIB
  • Jelajah Pesona Tanah Sumba Hanya Rp4,5 Juta

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Jelajah Pesona Tanah Sumba Hanya Rp4,5 Juta
Photo :
  • Adventurefestival.id
Air terjun Matayangu

VIVA – Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu destinasi di Indonesia yang memiliki keindahan alam dan budaya yang tak diragukan lagi. Untuk memperkenalkan keindahannya Indonesia Advanture Festival (IAF) menggelar acara dengan tema "Jelajah Tanahumba 2017".

Penyelenggaraan yang diikuti 100 peserta dari dalam dan luar negeri ini akan berpetualang menjelajahi empat kabupaten yang ada di Sumba, mulai dari Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Barat hingga Sumba Timur selama enam hari.

"Alam dan budaya yang menyatu dengan kehidupan sehari-hari, yang tergantung pada alam. Nantinya, inilah yang kami tawarkan, wisatawan bisa melihat sisi Sumba yang berbeda," kata Ketua Penyelenggara IAF, Adi Gerimu, kepada VIVA saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Selasa 7 November 2017.

Lebih lanjut ia memaparkan, kegiatan yang berlangsung selama enam hari pada 14-19 November 2017 ini. Wisatawan akan diajak untuk mengenal kehidupan masyarakat setempat dengan menginap di rumah adat setempat. 

"Mereka akan menginap di kampung adat, mereka bisa mendalami Sumba seperti apa. Di malam hari, pemilik rumah akan cerita kebudayaan mereka. Kita akan dapatkan pengetahuan, kita makan yang mereka makan, tapi yang higienis halal," ucapnya.

Aktivitas event ini terbagi atas tiga, yakni aktivitas trekking, photografi, dan budaya. Wisatawan akan menyusuri keindahan alam di empat kabupaten di Sumba. Perjalanan dimulai dari Sumba Barat Daya, wisatawan akan mengeksplorasi beberapa pantai, dan beberapa rumah adat yang ada di sana.

Lanjut ke Barat wisatawan diajak mengeksplorasi budaya Sumba, menikmati air terjun, dan pacuan kuda tradisional. Ke Sumba Tengah, wisatawan akan kemping di Padang Savana Mamboro.

"Kita bakar api unggun kemudian bercerita soal pantun suku setempat nanti dilanjutkan dengan menampilkan alat musik tradisional dan tampilkan tarian adat tradisional," ucapnya.

Dari tengah ke Tumur lebih petualangan, dengan menyusuri Air terjun Tanggedu, yang layaknya Grand Canyon. Jika Anda yang ingin mencoba kegiatan keren ini bisa mendaftar di situs Indonesiaadventure.id dengan biaya Rp4,5 juta.