Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 14:02 WIB
  • Jokowi Mantu, AP I Siapkan Skema Parkir Pesawat

  • Oleh
    • Rochimawati
Jokowi Mantu, AP I Siapkan Skema Parkir Pesawat
Photo :
  • Instagram @allseasonsphoto
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

VIVA –  Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta yang dikelola PT Angkasa Pura I siap menerima kedatangan ribuan tamu undangan pernikahan putri Presiden Joko Widodo yang resepsinya akan dilaksanakan pada Rabu 8 November 2017 di Gedung Graha Saba Buana Solo.
 
Berdasarkan data terkini, hingga 9 November terdapat 29 chartered flight (maskapai Garuda Indonesia, Enggang Air, Premi Air, TNI, Karisma Bahana Aviation, Sriwijaya Air, Indonesia Air Transport, Sari Rahayu Biomantra, Jhonlin Air Transport, Transwisata, Seacon Aviation Air Pacific); 4 extra flight (maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air). Sementara itu Garuda Indonesia juga melakukan penggantian lima pesawat menjadi pesawat berbadan besar.

“Untuk mendukung sukses dan lancarnya acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo di Solo di mana ribuan tamu undangan akan datang melewati bandara-bandara kami, Angkasa Pura I cabang Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta telah menyiapkan skema pengaturan parkir pesawat chartered dan tambahan yang membawa tamu undangan Presiden Joko Widodo,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I  Israwadi dalam keterangannya, Selasa 7 November 2017.
 
Selain itu untuk memfasilitasi tambahan penerbangan ini, di Bandara Adi Soemarmo Solo telah disiapkan apron tempat parkir pesawat sebanyak 21 parking stand yang dapat digunakan dalam waktu bersamaan.

Adapun konfigurasi parking stand tersebut meliputi 1 parking stand untuk pesawat wide body, 3 parking stand untuk pesawat narrow body, 9 parking stand untuk pesawat dengan rentang sayap (wingspan) kurang dari 20 meter, dan 8 parking stand untuk pesawat dengan wingspan kurang dari 30 meter.
 
“Jika terdapat permintaan tambahan slot penerbangan ke Bandara Adi Soemarmo Solo, maka penerbangan tersebut akan dialihkan parkirnya ke Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta,” kata Israwadi.

Karena di sana akan dialokasikan total 10 parking stand (4 parking stand di military apron dan 6 parking stand di civil apron) untuk pesawat dengan wingspan kurang dari 20 meter. Untuk sementara, baru terdapat 1 unscheduled flight di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta.
 
Israwadi menambahkan, untuk memfasilitasi banyaknya kedatangan penerbangan tambahan di luar jadwal penerbangan reguler ke Bandara Adi Soemarmo Solo dan mengantisipasi kepadatan di terminal, Bandara Adi Soemarmo Solo juga menambah jam operasi bandara menjadi 24 jam pada Selasa dan Rabu  serta akan menghentikan seluruh pekerjaan beautifikasi terminal bandara pada Rabu 8 November.