Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 15:47 WIB
  • Mengeksplorasi Sumba Berbalut Indonesia Adventure Festival

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Mengeksplorasi Sumba Berbalut Indonesia Adventure Festival
Photo :
  • Adventurefestival.id
Jelajah Tanahumba 2017

VIVA – Kegiatan Indonesia Adventure Festival (IAF) "Jelajah Tanahumba 2017" kembali digelar. Memasuki tahun keempat, pemerintah setempat memutuskan tahun ini untuk menjadikan Sumba Timur sebagai lokasi penyelenggaraannya.

Hal ini dikarenakan ingin mengenalkan potensi wisata Sumba secara keseluruhan. Peserta akan diajak mengeksplorasi keindahan alam empat kabupaten Sumba, mulai dari Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Barat hingga Sumba Timur selama enam hari.

"Bukan lagi membahas bagaimana membangun Sumba Timur atau Sumba Barat. Tapi kami empat kabupaten ingin memperkenalkan potensi budaya dan alam ke masyarakat luas," kata Bupati Sumba Timur, Gidion Mbiliyora, saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa 7 November 2017.

Dia pun menjelaskan bahwa empat kabupaten yang ada di Sumba ini tengah berupaya untuk menyinkronkan perencanaan pada sektor pariwisata. Di sisi lain, ketua penyelenggara, Adi Gerimu, kepada VIVA menyebut penyelenggaraan IAF ini pun dilakukan secara bergantian. Ini tak lain agar wisatawan bisa mengenal potensi daerah wisata di Sumba secara keseluruhan.

"Sebenarnya, kami eksplorasi satu Sumba. Jika tahun sebelumnya kegiatan ini digelar dengan start masuk di Sumba Timur dan keluar Sumba Barat, sekarang gantian," ucapnya.

Kegiatan IAF yang akan digelar pada 14-19 November 2017 akan mengajak 100 peserta dari dalam dan luar negeri untuk ikut berpetualang menjelajahi 24 lokasi wisata di Pulau Sumba. Mulai dari Kabupaten Sumba Barat Daya hingga berakhir di Kabupaten Sumba Timur.

Para peserta akan menginap di kampung adat, mengikuti upacara adat, tarian tradisional, pacuan kuda tradisional, prosesi pembuatan tenun ikat (merupakan warisan budaya Sumba), serta menyatu dalam rangkaian pertunjukan yang akan disaksikan oleh wisatawan.