Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 10 November 2017 | 12:36 WIB
  • Wakatobi Wave Tawarkan Keindahan Puluhan Destinasi Wisata 

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Kamarudin Egi (Kendari)
Wakatobi Wave Tawarkan Keindahan Puluhan Destinasi Wisata 
Photo :
  • VIVAnews
Pantai Patuno Wakatobi

VIVA – Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Daerah Wakatobi, melaksanakan event Festival Wakatobi Wave atau Wonderful and Festival Expo, mulai dari 11 sampai dengan 12 November 2017 ini. 

Dalam festival tersebut pihak penyelenggara tidak saja melaksanakan pagelaran budaya yang berkaitan dengan Maritim. Melainkan pemerintah juga menawarkan puluhan destinasi wisata untuk dikunjungi para peserta Wakatobi Wave. 

Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, sedikit menjelaskan bahwa Wakatobi Wave akan menyuguhkan keistimewaan budaya setempat yang disajikan dengan sedemikian rupa lewat segala macam bentuk sajian yang sudah dikemas dalam bentuk Tarian kolosal.

"Wisata juga kami siapkan untuk menghibur peserta usai kegiatan. Puluhan destinasi wisata di Wakatobi sudah diramu guna membahagiakan para peserta festival," kata Ilmiati Daud. 

Katanya Wakatobi Wave juga diharapkan bisa berkembang untuk kemajuan Wakatobi sendiri dan untuk Indonesia pada umumnya. 

"Para traveler juga yang suka kuliner khas atau macam-macam makanan Wakatobi itu semua disediakan," katanya. 

Di Wakatobi tidak saja ada event wakatobi wave, tetapi ada tiga event festival yang sudah masuk dalam kalender nasional pelaksanaan festival di kementrian pariwisata. 

"Ada festival Pulau Tomia, festival Pulau Binongko, festival Barata kalidupa dan terakhir ini Wakatobi Wave. Ini diselenggarakan setiap tahun," jelasnya. 

Selain itu festival ini juga mengangkat tradisi masing-masing pulau. 

"Sebenarnya hampir sama tapi tentu ada yang menjadi ciri khas yang membedakan. Seperti di Pulau Binongko dia dikenal dengan lokasi pembuatan parang patimura," ujarnya. 

Untuk mewujudkan itu tentunya kata Ilmiati pihaknya berharap spontanitas dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi untuk mendukung dan memberikan support dalam hal konektivitas transportasi sehimgga festival ini bisa berkembang.

Untuk penunjang pelaksanaan festival yang baik di Wakatobi kata Ilmiati Daud, pihaknya sudah melakukan pembenahan dari kekurangan setiap event.