10 Kota di Dunia dengan Jasa Transportasi Terbaik

Trem, salah satu transportasi terbaik di Kota Zurich, Swiss.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dusep Malik

VIVA – Transportasi menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan ketika seseorang ingin melancong alias travelling ke luar negeri. Hal ini terkait dengan kemudahan mengakses hingga ramahnya transportasi yang kita gunakan sebagai tamu asing.

Tips untuk Perempuan yang Baru Pertama Kali Lakukan Solo Traveling

Terkait dengan hal tersebut, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh perusahaan desain dan konsultasi, Arcadis menunjukkan bahwa kota Hong Kong menjadi kota dengan pelayanan transportasi terbaik.

Dilansir dari laman Lonelyplanet, penilaian yang dilakukan oleh pihaknya tersebut berdasarkan pada beberapa kriteria seperti, dampak lingkungan dari layanan publik, implikasi transportasi sosial dan manusia, serta fasilitas untuk pertumbuhan ekonomi di masa depan yang dapat diandalkan.

Tips Traveling Aman di Masa Pandemi

Di sisi lain, penilaian yang dilakukan terhadap beberapa kota di dunia ini merupakan bagian dari indeks mobilitas kota berkelanjutan tahun 2017. Proyek tersebut melihat 23 indikator individual yang dibagi menjadi tiga kategori yakni manusia, planet, dan keuntungan yang berbeda.

Setiap kota yang diteliti tersebut mendapat skor di masing-masing kategori itu, dan nantinya keseluruhan skor kota dievaluasi terhadap data.

Doyan Traveling, Tips Luna Maya Liburan Murah Dapat Fasilitas Mewah

Berbagai faktor berbeda yang diperiksa termasuk akses kursi roda di bus dan di stasiun metro di masing-masing kota, Wi-Fi untuk transportasi umum, akses ke layanan transportasi, jam aksesibilitas metro, emisi gas rumah kaca, kemacetan dan penundaan (delay), upaya untuk menurunkan emisi, insentif kendaraan listrik, perjalanan pulang pergi dan keterjangkauan transportasi umum.

Berikut ini, sepuluh kota dengan layanan transportasi terbaik di dunia.

1. Hong Kong
2. Zurich
3. Paris
4. Seoul
5. Praha
6. Wina
7. London
8. Singapura
9. Stockholm
10. Frankfurt

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya