Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 13 November 2017 | 14:01 WIB
  • Ketika Para Raja Berkumpul di Wakatobi Wave 2017

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Kamarudin Egi (Kendari)
Ketika Para Raja Berkumpul di Wakatobi Wave 2017
Photo :
  • VIVA.co.id/Kamarudin Egi (Sulawesi Tenggara)
Berkumpulnya para raja di Wakatobi Wave 2017.

VIVA – Event Wakatobi Wonderful Festival dan Expo 2017 atau Wakatobi Wave resmi diselenggarakan, Sabtu, 11 Oktober 2017. Hal menarik lain dalam kegiatan ini, turut hadir belasan raja-raja dari kerajaan dalam negeri maupun luar negeri.

Mereka berkumpul di Wakatobi untuk menyaksikan festival Wakatobi Wave 2017. Adanya hal ini membuat masyarakat Wakatobi tercengang. Bagaimana tidak, raja-raja dari kerajaan Brunei, Malaysia, Tahilan, Jawa dan Sulawesi bisa meluangkan waktu untuk hadir di Wakatobi.

Kehadiran para raja-raja tersebut dianggap suatu kebanggaan oleh daerah Wakatobi. Para raja dianggap sebagai masukan untuk memajukan Wakatobi sebagai daerah sepuluh besar destinasi wisata terbaik di Indonesia.

“Ini adalah kegiatan yang luar biasa,” kata Raja Polongbangkeng, Kerajaan Selayar, Karaeng Tompo, H. Andi Rijal Padjong.

Dalam kegiatan Wakatobi Wave 2017, pemerintah setempat turut mempertontonkan tarian adat Wakatobi yang dilakukan oleh 1.000 penari lokal. Tarian yang bernama Lariangi ini pun begitu menghibur para penonton, termaksud tamu undangan dari raja-raja dalam maupun luar negeri.

Tarian Lariangi sendiri dilaksanakan oleh ribuan pelajar dari Wakatobi. Lariangi dalam kepercayaan masyarakat setempat, merupakan peristiwa sejarah masa lalu dalam hal kemaritiman atau bahari. Sejak dulu, Wakatobi juga dikenal sebagai negeri para barat atau benteng pertahanan Kesultanan Buton.