Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 13:03 WIB
  • Mengintip Kebun Binatang Mini di Pabrik Sido Muncul

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Finalia Kodrati
Mengintip Kebun Binatang Mini di Pabrik Sido Muncul
Photo :
  • VIVA.co.id/ Finalia Kodrati
Kebun Binatang Mini Sido Muncul

VIVA – Keberadaan Agrowisata milik PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, cukup menarik perhatian. Agrowisata ini berada dalam pabrik Sido Muncul yang terletak di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Agrowisata ini berdiri di lahan seluas lima hektare. Di Agrowisata ini terdapat tanaman-tanaman obat yang langka. Tanaman ini didatangkan dari dalam negeri dan luar negeri. Seperti Echinacea purpurea, Tribulus Terretris, Mintha Piperita, dan Sybilum Marianum, serta Jamur Ganoderma Lucidum.

Terlihat juga ada tanaman kayu putih, encok, dan lidah buaya. Namun, tak hanya diisi dengan tanaman, di agrowisata ini juga terdapat kebun binatang mini. Terdapat sekitar 37 spesies di dalamnya.

 Di antara hijaunya pepohonan terdapat kandang harimau siberia. Ada juga harimau Sumatera.

"Awalnya ada dua tapi sekarang sudah berkembang sekitar 8 sampai 9," kata salah satu staf dari Sido Muncul yang mendampingi rombongan berkeliling, Yuyun, Selasa, 14 November 2017.

Kebun Binatang Mini Sido Muncul

Ia menambahkan, agrowisata ini juga sering menjadi tempat penitipan binatang. "Bisa dari mana saja, kebun binatang dari mana saja," ujarnya.

Selain itu, terdapat juga luwak, rusa, hingga berbagai jenis burung, orang utan, ular, kuda, serta ikan ariapama yang terkenal buas. "Panjangnya mencapai sekitar lima meter," kata Yuyun, salah satu staf perusahaan jamu dan farmasi ini.

Sekadar informasi, ikan ini hidup dalam danau buatan di agrowisata. Danau tersebut dalamnya sekitar kurang lebih 2,5 meter. Namun, seiring banyak orang yang ingin melihatnya, ikan tersebut dipindahkan ke dalam akuarium raksasa. Ikan ini sendiri berasal dari Sungai Amazon.

"Kelihatannya memang kecil, tetapi itu besar banget, ketebalan kacanya itu tebal banget. Anak kecil enggak boleh sekarang," ujar Yuyun lagi.

Menurut Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, pabriknya tersebut dikunjungi 7.000 mahasiswa dan masyarakat lainnya.

"Ada sekitar 7.000 mahasiswa berkunjung di setiap bulannya," ujar Irwan, saat ditemui di Aula Agrowisata.

Sido Muncul sendiri merayakan ulang tahun ke-66, pada 11 November 2017. Irwan merayakan ulang tahun Sido Muncul di Bukit Cinta Danau Rawa Pening, Selasa 14 November 2017, dengan menyajikan wisata kuliner Semarang.

Agrowisata Sido Muncul