Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 09:53 WIB
  • Menjadikan Bukit Cinta Danau Rawa Pening Mendunia

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Finalia Kodrati
Menjadikan Bukit Cinta Danau Rawa Pening Mendunia
Photo :
  • VIVA.co.id/Finalia Kodrati
Keindahan Danau Rawa Pening, Semarang, Jawa Tengah

VIVA – Kawasan Bukit Cinta Danau Rawa Pening yang terletak di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah memiliki luas 2.670 hektare. Namun, saat ini danau tersebut mengalami pendangkalan dengan hampir 70 persen permukaan danaunya tertutup eceng gondok.

Pemandangan ini tentu sangat disayangkan, karena tempat ini menyimpan pesona tersendiri. Apalagi, Danau Rawa Pening memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata air populer.

Hal ini lah yang menarik perhatian Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat. Ia tergerak untuk membantu agar tempat ini menjadi terkenal bahkan mendunia.

Dari situ ia mulai mencari dan menggali ide agar tempat ini menjadi sorotan. Ia pun memanfaatkan Danau Rawa Pening menjadi lokasi iklan produk perusahaannya. Ia memilih Danau Rawa Pening ini untuk menggelar ulang tahun perusahaannya yang ke-66.

"Dengan begini, Danau Rawa Pening ini akan disebut dan dibaca, orang-orang datang dan mendatangkan investor. Tempat ini memiliki potensi yang besar," ujar Irwan saat ditemui di Danau Rawa Pening, Jawa Tengah.

Ia menilai, Danau Rawa Pening akan menjadi wisata air yang menakjubkan. Hanya saja, yang jadi masalah saat ini adalah eceng gondok yang menutupi danau tersebut.

"Saya mendorong masyarakat bisa bergotong royong, menjaga dan membersihkan danau, sehingga nantinya menjadi tempat wisata air yang terkenal di dunia," ungkapnya.

Usaha untuk mempercantik diri terus dilakukan. Pada saat ini, memang sudah mulai terlihat perahu-perahu yang terlihat di sepanjang danau tersebut. Untuk dapat mengelilingi danau itu dengan perahu tidaklah mahal. Pengunjung hanya membayar Rp60 ribu untuk enam orang.

Gembok Cinta

Gembok Cinta di Danau Rawa Pening, Semarang, Jawa Tengah

Selain itu, terdapat ‘Gembok Cinta’. Di sini pengunjung dapat memasang gembok cintanya. Sudah terlihat beberapa gembok menempel di spot yang menjadi favorit pengunjung itu.

"Sangat bagus, lucu, kreatif. Kayak di luar negeri, seru ya," kata Rima, yang datang bersama suaminya tersebut. Beberapa remaja juga terlihat asyik berfoto-foto di lokasi tersebut.

Sementara itu, tiket masuknya tidaklah mahal, hanya Rp7.500. (art)