Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 20 November 2017 | 12:50 WIB
  • Surga Selfie Kids Zaman Now di Kaki Gunung Sumbing

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Surga Selfie Kids Zaman Now di Kaki Gunung Sumbing
Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
Bukit Selfie di Kaki Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo

VIVA – Geliat berwisata di kawasan pegunungan dengan sejuknya udara alam memang menjadi kebutuhan banyak orang. Bagi Anda yang bosan berwisata di lokasi yang telah mainstream, tak ada salahnya datang ke kawasan Bukit Selfie di Kaki Gunung Sumbing.

Bukit Selife terletak di Desa Ropoh Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Letaknya tepat di lereng Gunung Sumbing dengan banyaknya pohon pinus membuat kawasan ini memiliki potensi pariwisata luar biasa. Salah satu yang kini nge-hits adalah Bukit Selfie.

Bukit Selfie merupakan pemandangan hutan pinus yang cukup luas mencapai tiga kilometer. Eksotisme bukit ini adalah bangunan jalan panjang membentang dengan pohon pinus yang cukup rapi. Anda yang berswafoto di lokasi ini akan menemukan sensasi berbeda seolah sedang berswafoto di negeri Sakura, Jepang.

Surip, salah satu pengelola Bukit Selfie menyebut, penamaan Bukit Selfie karena sejak belum dibuka secara resmi sebagai destinasi wisata, kawasan pohon pinus di bawah pengelolaan Perhutani itu kerap dipakai berfoto selfie atau swafoto oleh anak-anak muda. 

Bukit Selfie di Kaki Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo

"Baru kita resmikan 30 Juli 2017 lalu. Kita namakan Bukit Selfie karena memang lokasinya asyik untuk berfoto," kata Surip kepada VIVA, Senin, 20 November 2017.

Sejak diresmikan sebagai destinasi baru oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ropoh, pengelolaan bukit Selfie kini terus dimaksimalkan. Salah satunya dengan menambah wahana-wahana baru, seperti gazebo selfie, taman selfie, saung, hammock, serta sejumlah warung di kawasan hutan pinus.

Beberapa tulisan gaul juga dibuat untuk spot asyik berswafoto di lokasi ini. Termasuk tulisan sindiran agar pengunjung tetap menjaga kebersihan, dan tidak membuang sampah sembarangan. Pokdarwis setempat kini juga telah menggarap potensi lain, seperti produk batik tulis, makanan khas nasi jagung, serta bertani dengan warga. Bukit Selfie di Kaki Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo

"Wahananya masih kita garap, seperti flying fox, treking hutan pinus dan outbond. Karena memang potensinya luar biasa indah," ujarnya.

Untuk menuju kawasan Bukit Selfie pun cukup mudah. Lokasinya berada hanya sekitar satu kilometer dengan jalan provinsi di desa Ropoh, kecamatan Kepil. Saat menuju ke lokasi hutan pinus Bukit Selfie, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang cukup indah. Seperti lalu lalang warga yang tengah menggarap ladang pertanian hingga suasana asri pedesaan. 

Bagi wisatawan berkantong cekak, Bukit Selfie mungkin tepat menjadi pilihan. Karena saat ini wisata itu masih digratiskan bagi pengunjung. Cukup membayar parkir kendaraan Rp3.000.

Bukit Selfie di Kaki Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo