Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 21 November 2017 | 05:10 WIB
  • Ini Tempat-tempat Liburan Favorit Publik Jelang Akhir 2017

  • Oleh
    • Endah Lismartini,
    • Isra Berlian
Ini Tempat-tempat Liburan Favorit Publik Jelang Akhir 2017
Photo :
  • VIVA.co.id/Jujuk Ernawati
Menikmati Keindahan Pantai Lengkuas di Pulau Belitung

VIVA – Berwisata ke tempat-tempat jauh saat ini mulai menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian masyarakat. Berbagai alasan yang melatarinya, mulai dari ingin melepaskan penat hingga mendapatkan pengalaman baru.

Tahun 2017 pun akan segera berlalu. Lalu ke mana kah umumnya wisatawan menghabiskan waktu libur mereka selama tahun 2017 ini? Staf Khusus Menteri Bidang Infrastruktur Pariwisata di Kementerian Pariwisata, Judi Rifajantoro, mengutarakan Bali masih menjadi magnet bagi wisatawan, khususnya turis asing.

"Untuk tahun 2017 ini, khususnya wisatawan mancanegara, masih tetap menyasar Bali," ungkapnya saat ditemui dalam konferensi pers Garuda Online Travel Fair (GOTF) Phase III di Hardrock Cafe Jakarta, Senin 20 November 2017.

Namun, pihaknya pun telah mendorong para wisatawan untuk masuk ke beberapa destinasi wisata lainnya di Indonesia, salah satunya Manado. Di sana, pemerintah telah bekerja sama dengan maskapai swasta lainnya untuk mendatangkan wisatawan menggunakan charter flight.

"Sejauh ini pertumbuhannya bagus, meski dampaknya belum signifikan. Selain itu Yogyakarta pun bertumbuh, bahkan Belitung dan Banyuwangi yang belum ada direct flightnya pertumbuhannya bagus. Tapi tetap sejauh ini Bali masih menjadi magnet wisatawan asing," beber Judi.

Selain Bali

Meski begitu, pemerintah pun terus mendorong untuk terus memperkenalkan destinasi lain di luar Bali (Beyond Bali). Ia pun mengutarakan, maskapai pun harus turut andil dalam pengenalan Beyond Bali ini.

"Tugas kami mengajak untuk tidak hanya ke Bali saja. Jadi Beyond Bali dan kami harapkan semacam ada tiket terusanya dari Bali ke beberapa destinasi lainnya," ujar Judi.

Di sisi lain, wisatawan domestik katanya pun banyak menyasar beberapa destinasi wisata di Indonesia.

"Untuk domestik sekarang di era leisure ekonomi senang berpergian dibanding belanja di mall. Tipe-tipe wisatawan domestik itu saat ini banyak yang mencari experience. Beberapa destinasi di antaranya yang mulai dikunjungi Derawan, Gorontalo, Minahasa, hingga Belitung," lanjut dia. (ren)