Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 23 November 2017 | 13:11 WIB
  • Kampung Arema, Wisata Tematik Serba Biru di Malang

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Lucky Aditya (Malang)
Kampung Arema, Wisata Tematik Serba Biru di Malang
Photo :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya
Kampung Arema di Malang

VIVA – Fenomena kampung tematik untuk tujuan wisata di Kota Malang semakin menjamur. Setelah populer dengan Kampung Warna-warni, Kampung Tridi, kini bertambah lagi kampung tematik bernama Kampung Arema.

Kampung Arema berada di Jalan Embong Brantas, Kota Malang. Letaknya bersebarangan dengan dua kampung tematik yang lebih dulu tersohor, Kampung Warna-warni di Jalan Juanda dan Kampung Tridi di Jalan Ksatrian.

Kampung Arema berada di sekitar aliran Sungai Brantas. Jika Kampung Warna-warni identik dengan aneka warna. Kampung Arema identik dengan warna kebesaran tim Singo Edan, biru-biru. Warna biru terhampar dari gapura kampung hingga pelosok kampung.

"Kita ingin berkembang untuk menggeliatkan perekonomian warga sini. Kita sudah komunikasi dengan Pemerintah Kota Malang dan manajemen Arema," kata Ketua RW 05, Irmawan Yuwanto, Kamis, 23 November 2017.

Kampung Arema menyediakan spot foto berlatar belakang biru dan beberapa simbol Arema. Mulai bertema singa yang merupakan logo Arema hingga beberapa poster pemain Arema.

"Kita juga ada kesepakatan untuk membangun museum Arema mulai dari replika tokoh pemain dan foto-foto Arema dari masa ke masa akan dibangun. Sudah disiapkan di Balai RW," ujar Irmawan.

Kampung Arema di Malang

Kampung Arema meliputi RW 05 dan RW 04 Kelurahan Kidul Dalem. Untuk pengecatan menghabiskan 16 ton cat hasil dari dana sosial perusahaan Indana Paint. Pengerjaan Kampung Arema melibatkan 18 pekerja dan beberapa warga. Pengembangannya sudah 90 persen dan rencananya akan diresmikan awal tahun 2018.

"Kita kebetulan punya kegiatan setiap akhir pekan melakukan pelatihan pembuatan kerajinan tangan, nanti itu akan ditemakan Arema. Jadi pengunjung membayar Rp2.500, dapat kerajinan oleh-oleh khas Kampung Arema," tutur Irmawan.

Selain membuat aneka kerajinan tangan, rencananya secara swadaya warga Kampung Arema akan membuat beberapa wahana, seperti rumah pohon dan flying fox.

"Kita juga sedang merencanakan flying fox dari jembatan menuju halaman yang lebih besar di bawah. Jadi ini pertama di tengah kota, ada wahana flying fox selain rumah pohon yang sudah kita siapkan," kata Irmawan.