Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 20:20 WIB
  • Keliling Pulau Komodo dan Sekitar Cuma Rp2 juta, Ini Caranya

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Bimo Aria
Keliling Pulau Komodo dan Sekitar Cuma Rp2 juta, Ini Caranya
Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Keindahan Wisata Bawah Laut di Labuan Bajo

VIVA – Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, memang telah ditetapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, sebagai salah satu destinasi untuk menarik wisatawan, yang disebut dengan 10 Destinasi Bali Baru. 

Dengan Pulau Komodo sebagai daya tariknya, dalam beberapa tahun belakangan destinasi ini telah menjadi incaran bagi wisatawan nusantara dan juga wisatawan mancanegara. Di samping itu, eksotisme alam dari Labuan Bajo juga membuat tempat ini makin diminati.

Semua daya tarik tersebut membuat tarif untuk mengunjungi destinasi ini cenderung mahal. Tapi tidak perlu takut, wisatawan tetap bisa mengunjungi Pulau Komodo dan pulau-pulau sekitarnya dengan harga yang cukup terjangkau. 

Tidak percaya? VIVA sendiri berhasil mewawancarai salah seorang anak buah kapal yang membawa VIVA mengelilingi Pulau Padar Hingga Pulau Komodo. Menurutnya, untuk sewa kapal paling murah dibanderol dari harga Rp2 juta rupiah. 

"Rata-rata bisa menampung sampai 12 orang," ungkap Ila, Jumat 24 November 2017, saat menjawab perihal muatan. 

Tentu saja ada harga ada kualitas. Kapal kayu ini memakan waktu selama kurang lebih tiga jam perjalanan dari Pelabuhan Philemon di Labuan Bajo hingga Pulau Padar. 

"Kalau speed boat itu bisa Rp6 juta, rata-rata muat delapan orang. Kalau waktu tempuh dengan speed boat itu cuma satu jam. Ada juga yang Rp5 juta, tapi tidak tertutup. Jadi kalau hujan dan ada gelombang basah," kata dia.

Sementara itu, bagi yang ingin merasakan nuansa berlayar selama kurang lebih tiga hari, ada kapal lain yang dibanderol dengan harga Rp20 juta. Di kapal ini juga tersedia 3-4 kamar yang bisa digunakan untuk menginap.

Selain itu, menurut Ila, bulan Mei hingga November adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Komodo. Karena di luar waktu tersebut, kondisi lautan menjadi bergelombang dan sulit untuk dicapai. (ase)