Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 27 November 2017 | 07:25 WIB
  • Kapal Pesiar Syariah Bersandar di Aceh Hari Ini

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar
Kapal Pesiar Syariah Bersandar di Aceh Hari Ini
Photo :
  • encore.seabourn.com/
IIlustrasi kapal pesiar.

VIVA – Sebanyak 988 wisatawan penumpang kapal persiar Syariah (Islamic Cruise), MV Costa Victoria akan tiba di Aceh pagi ini. Para wisatawan diketahui akan melakukan kunjungan wisata ke Mesjid Baiturrahman Banda Aceh.

Kapal pesiar ini dijadwalkan tiba di dermaga CT 3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) teluk Sabang pada Senin pagi pukul 07.00 WIB. Kapal tersebut rencananya akan bersandar selama 12 jam di Aceh.

Wakil Kepala BPKS Irwan Faisal mengatakan, kedatangan wisatawan Islamic Cruise ini merupakan kali pertama dilakukan. Apalagi para penumpang merupakan wisatawan muslim yang berasal dari sejumlah negara.

Sesuai jadwal, kata dia, para wisatawan itu selain berkunjung ke Sabang juga akan melakukan studi tur ke Banda Aceh dan melihat situs Tsunami Aceh setelah sejumlah tempat wisata lainnya di daerah tersebut. 

“Dari informasi yang didapat dari agen Pelni, tercatat bahwa jumlah penumpang dan kru kapal yang akan tiba 1.988 orang, dari jumlah tersebut, 988 orang di antaranya akan melakukan studi tur ke Banda Aceh,” kata Irwan Faisal kepada VIVA, Minggu, 26 November 2017.

Dengan jumlah sebesar itu, lanjut Irwan, pihak BPKS bersama Pemerintah Kota Sabang dan Pemerintah Provinsi Aceh sudah menyiapkan penyambutan secara matang. Ada tiga hal yang sudah dipersiapkan antara lain, kedatangan di pelabuhan CT3 telah dipersiapkan dengan baik. 

Kemudian persiapan mobilisasi dari CT3 menuju pelabuhan Balohan dengan mengunakan 28 bus bantuan dari Kementerian Perhubungan. Secara kebetulan fasilitas bus tersebut disediakan bertepatan dengan menjelang pelaksanaan Sail Sabang 2017 ini.

Selanjutnya, dari pelabuhan Balohan semua para wisatawan akan menuju pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh akan menggunakan tiga kapal cepat KMC Express Bahari milik PT Sakti Inti Makmur.

Lebih lanjut dikatakan, selepas dari semua kegiatan kunjungan tour tersebut, rombongan wisatawan Islamic Cruice pada pukul 16.00 WIB akan bertolak ke Sabang menggunakan transportasi yang sama.

Bila semua wisatawan tiba di Sabang tepat waktu, akan dilanjutkan kembali melihat pameran Expo di lokasi wisata Sabang Fair. Dengan harapan dapat memberi dampak ekonomi kepada masyarakat Sabang.

"Mudah-mudahan pelayanan yang kita berikan kepada para wisatawan Islamic Cruice akan memberi kesan positif kepada mereka, dan kunjungan ini direncanakan akan menjadi agenda kunjungan tahunan," ujarnya.

  • Afghanistan Pelajari Cara Damai Menyudahi Konflik dari Aceh
    Afghanistan Pelajari Cara Damai Menyudahi Konflik dari Aceh
  • Salah Injak Pedal, Avanza Hajar Pintu Kaca Gerai Siap Saji
    Salah Injak Pedal, Avanza Hajar Pintu Kaca Gerai Siap Saji
  • Tiga dari Sembilan Paus yang Terdampar di Perairan Aceh Mati
    Tiga dari Sembilan Paus yang Terdampar di Perairan Aceh Mati
  • Proses Izin Investasi di Aceh Diklaim Hanya Sehari
    Proses Izin Investasi di Aceh Diklaim Hanya Sehari
  • Virgin Bikin Wisata Kapal Pesiar Khusus 18+, Tertarik Coba?
    Virgin Bikin Wisata Kapal Pesiar Khusus 18+, Tertarik Coba?
  • Sidang DPR Aceh Diwarnai Pengibaran Bendera Bulan Bintang
    Sidang DPR Aceh Diwarnai Pengibaran Bendera Bulan Bintang