Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 27 November 2017 | 12:46 WIB
  • Tak Kalah dengan Kuta, Coba Surfing di Pantai Pulau Merah

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Tak Kalah dengan Kuta, Coba Surfing di Pantai Pulau Merah
Photo :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko
Pulau Merah di Banyuwangi.

VIVA – Pemerintah melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Agung dari Siaga menjadi Awas pada hari ini, Senin 27 November 2017. Kondisi tersebut membuat Bandara Internasional Ngurah Rai ditutup untuk 18 jam ke depan, sehingga ikut berdampak pada pariwisata Bali. 

Namun, ada banyak alternatif destinasi liburan di Indonesia selain Bali. Bagi wisatawan yang memang ingin menikmati keseruan berselancar layaknya di Pantai Kuta, Bali, bisa mencoba menyusuri Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Dilansir dari situs resmi pariwisata Banyuwangi dan TripAdvisor, pantai ini menjadi salah satu tempat tujuan para peselancar. Pantai ini memiliki ombak setinggi empat meter saat air pasang, dan ombak sejauh tiga kilometer.

Sebelum dinamakan Pantai Pulau Merah, pantai ini diberi nama Ringin Pitu. Ada dua alasan mengapa pantai ini dikenal dengan nama Pantai Merah. Pertama, karena ada tanah kemerahan merah muda di pantai, sedangkan versi kedua karena diduga pantai memancarkan lampu merah di sekitar garis pantai.

Bagi yang belum pernah berselancar tidak perlu khawatir, karena Anda dapat belajar berselancar pada instruktur yang ada. Di sini juga tersedia tempat penyewaan alat selancar.

Biaya yang Anda keluarkan tidaklah mahal untuk menyewa papan selancar di sini. Anda hanya perlu membayar Rp25 ribu hingga Rp50 ribu untuk penyewaan alat seharian penuh.

Jika Anda tak suka berselancar, bisa melakukan beberapa kegiatan di sekitar pantai. Mulai dari menyewa kapal untuk sekadar memancing ikan atau menikmati deburan ombak pantai di atas kursi santai pantai.

Tempat ini pun menjadi salah satu kawasan terbaik untuk menikmati Matahari terbenam. Paparan warna merona oranye dan merah, yang cantik, dengan paduan deburan ombak pantai menambah suasana semakin tenang. 

Perlu diingat, jika ingin mengincar Matahari terbenam, datanglah antara pukul 16.00 hingga 17.00 WIB. Jika lapar, Anda pun bisa menikmati beberapa restoran-restoran seafood yang tersedia di sekitar pantai.

Pantai ini terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, atau 60 kilometer dari pusat kota menuju arah selatan Banyuwangi. Dibutuhkan waktu 2,5 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. (art)