Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 27 November 2017 | 17:55 WIB
  • Bandara Ditutup, Ini Alternatif Transportasi ke Bali

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Bandara Ditutup, Ini Alternatif Transportasi ke Bali
Photo :
  • REUTERS/Beawiharta
Pantai Kuta, Bali

VIVA – Bali menjadi salah satu destinasi favorit bagi seluruh masyarakat di dunia. Ini tak lain karena beragam wisata yang disuguhkan oleh Bali. Mulai dari alam, budaya hingga kuliner.

Namun, beberapa jam yang lalu pemerintah melalui AirNav Indonesia menyebut bahwa bandara Internasional Ngurah Rai di Bali ditutup selama 18 jam ke depan. Langkah ini diambil akibat adanya dampak erupsi Gunung Agung.

Ini pun berakibat banyaknya penerbangan yang menuju Bali dibatalkan. Namun, jika tetap ingin berlibur ke Bali, Anda bisa melalui perjalanan darat ke sana. 

Dari data yang dihimpun oleh VIVA dari berbagai sumber, Anda bisa menggunakan kereta api, bus atau mobil pribadi dari Jakarta menuju Denpasar. Berikut ini rangkuman jalur alternatif menuju Denpasar.

1. Menggunakan Kereta Api-Bus

Untuk menuju ke Bali, Anda bisa menggunakan kereta api dari Jakarta menuju Banyuwangi. Sayangnya, tidak ada rute kereta langsung Jakarta-Banyuwangi. Pertama, Anda harus naik kereta ke Yogyakarta dilanjutkan naik kereta ke Banyuwangi. 

Dengan biaya murah, Anda bisa naik kereta api ekonomi Bengawan jurusan Jakarta dari stasiun Senen menuju stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, dengan waktu tempuh sekitar delapan hingga sembilan jam perjalanan. Untuk tiket Jakarta-Yogyakarta ini seharga Rp74 ribu-Rp225 ribu.  

Dari Yogyakarta dilanjutkan dengan menumpang kereta Sri Tanjung menuju Banyuwangi dengan jarak tempuh kurang lebih selama delapan hingga 10 jam dengan biaya sebesar Rp94 ribu. 

Tiba di Banyuwangi, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal laut. Wisatawan bisa menyeberang menggunakan kapal ferry dengan tiket Rp75 ribu dari pelabuhan Ketapang menuju pelabuhan Gilimanuk selama 15 menit.

Dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Denpasar bisa dilanjutkan menggunakan bus di Terminal Bus Gilimanuk yang bisa diakses dengan berjalan kaki. Jarak tempuh dari Terminal Bus Gilimanuk hingga Denpasar memakan waktu selama empat jam.

2. Menggunakan bus atau mobil pribadi

Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ke Bali. Namun, jarak yang harus ditempuh jauh lebih lama lagi.  

Perjalanan bisa dimulai dari Tol Cikampek. Dari Cikampek Anda menuju Brebes melalui Tol Cipali (Cikarang-Palimanan-Kanci-Losari). Waktu yang Anda perlukan untuk perjalanan darat ini berkisar tiga hingga empat jam.

Dari Brebes perjalanan harus dilanjutkan menuju Semarang. Untuk sampai Semarang ditempuh sejauh 211 kilometer selama 4-5 jam perjalanan, dengan melewati beberapa daerah seperti (Comal-Pekalongan-Batang-Weleri hingga Kendal).

Dari Semarang Anda harus sampai Surabaya dan dilanjutkan hingga ke Banyuwangi. Perjalanan yang perlu Anda tempuh sejauh 315,5 kilometer dengan beberapa rute yang Anda lewati dari Semarang antara lain jika lewat jalur Pantai Utara (Pantura) yakni Demak-Kudus-Pati-Rembang-Tuban-Babat-Lamongan-Gresik dan Surabaya selama 7-8 jam lamanya.

Dari Surabaya perjalanan dilanjutkan sejauh 283,5 kilometer selama delapan jam untuk sampai ke Banyuwangi. Tepatnya menuju Pelabuhan Ketapang untuk menyeberang menggunakan kapal ferry sampai ke Pelabuhan Gilimanuk.

Dari Gilimanuk, Anda harus menempuh rute Negara-Tabanan hingga akhirnya sampai ke Denpasar sejauh 155 kilometer selama 3-4 jam.