Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 10:50 WIB
  • Dakwah dan Syiar, Tujuan Wisatawan dari 13 Negara ke Aceh

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Dani Randi (Banda Aceh)
Dakwah dan Syiar, Tujuan Wisatawan dari 13 Negara ke Aceh
Photo :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Aceh)
Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Aceh.

VIVA – Sebanyak 980 wisatawan muslim yang berasal dari 13 Negara, tiba di Sabang, Aceh, dengan menggunakan kapal pesiar MV Costa Victoria dalam agenda pelayaran Islami. Setibanya di Sabang, mereka langsung menuju ke Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Fauzi Umar mengatakan, secara keseluruhan para wisatawan kapal pesiar Syariah itu berjumlah 1.988 orang. Mereka berasal dari Australia, Thailand, Singapura, Pakistan, China, Vietnam, Amerika, Malaysia, Iran dan Brunai.

"Semua wisatawan tersebut merupakan orang muslim. Namun, yang melakukan kunjungan ke Banda Aceh berjumlah 980 orang, 70 persen diantaranya dari Malaysia, selebihnya berada di Sabang sekitar 1.200 orang terdiri dari kru dan beberapa pihak awak kapal," kata Fauzi kepada VIVA di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin, 27 November 2017.

Ia menjelaskan, kedatangan para wisatawan itu dalam rangka program dakwah sekaligus syiar yang akan disampaikan oleh Syeh Yusuf, Dai dari Amerika Serikat. Ia juga memberikan dakwah di Masjid Raya Bairurrahman.

Usai berkunjung ke Banda Aceh, kata dia, para wisatawan tersebut langsung kembali ke Sabang pada pukul 16.00 WIB dan selanjutnya akan kembali ke Singapura pada pukul 22.00 WIB.

Salah seorang wisatawan asal Singapura, Zihan menyebutkan, Masjid Raya Baiturrahman dipilih karena sudah menyandang predikat sebagai destinasi wisata halal yang wajib dikunjungi muslim.

“Kami senang bisa berkunjung ke masjid yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata halal. Ini saya baru pertama kali ke sini (Masjid Baiturrahman). Arsitekturnya luar biasa,” katanya.

Sebelumnya, para wisatawan kapal pesiar syariah tiba di Sabang sekitar pukul 06.00 WIB pagi waktu setempat. Kedatangan mereka disambut dengan tarian khas Aceh. Dari Pelabuhan Balohan Sabang, para wisatawan menuju Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menggunakan tiga kapal cepat.