Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 10:54 WIB
  • Tak bisa ke Bali untuk Menyelam? Coba ke Karimunjawa

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Tak bisa ke Bali untuk Menyelam? Coba ke Karimunjawa
Photo :
  • Viva.co.id/Dwi Royanto
Lokasi snoekeling di laut Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa.

VIVA – Bali menjadi salah satu destinasi incaran para turis sebagai lokasi berlibur. Selain budaya, wisatawan yang datang ke Pulau Dewata juga mengincar keindahan bawah lautnya.

Namun, saat ini akses ke Bali melalui udara tertutup dikarenakan meletusnya Gunung Agung sehingga bandara I Gusti Ngurah Rai ditutup. Jika Anda sedang mencari destinasi wisata menyelam selain Bali untuk liburan akhir tahun ini, Anda bisa mencoba mengunjungi Pulau Karimunjawa. 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pariwisata, Pulau Karimun terletak di sekitar 90 kilometer barat laut di lepas pantai utara Kabupaten Jepara di Provinsi Jawa Tengah. Karimunjawa adalah rangkaian pulau-pulau yang memiliki keindahan bawah laut yang indah dengan terumbu karangnya yang memesona. 

Pantai putih, yang ada di sini memungkinkan Anda untuk merasakan pengalaman berenang dan snorkling, yang luar biasa. Belum lagi pohon kelapa dan laut biru yang menjadikan tempat ini sebagai tempat tujuan relaksasi.

Kepulauan Karimunjawa, yang kini telah dijadikan sebagai taman laut nasional, memiliki perpaduan lima ekosistem berbeda yang menjanjikan wisatawan serangkaian petualangan alam. Di antara yang paling signifikan antara lain adanya 44 spesies mangrove yang berbeda, 11 jenis sea grass, sembilan spesies rumput laut, dan 444 spesies ikan. Serta 176 spesies karang yang mungkin akan Anda temui saat snorkeling.

Taman laut nasional Karimunjawa pun memiliki dua spesies biota yang dilindungi seperti karang hitam (Antiphates sp.) dan karang pipa organ (Tubipora musica). Ada pula terompet triton, helm lebah (the hornet helmet), dan nautilus bilik mutiara. Di sini wisatawan dapat melihat penyu sisik, penyu hijau, hingga burung parkit dan spesies burung tropis lainnya yang terbang di kawasan ini.

Jika Anda ingin melakukan snorkeling Anda bisa mencoba beberapa tempat favorit, seperti di Pulau Gosong, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Tengah, Pulau Tanjung Gelam, dan Cemara Kancil Kancil.

Tak hanya itu saja, beberapa pulau tak berpenghuni di sekitar Karimunjawa pun bisa menjadi tempat yang sempurna untuk piknik makan siang atau kegiatan santai lainnya di bawah pohon palem yang bergoyang.

Sementara pantai di Tanjung Gelam menyajikan matahari terbenam yang spektakuler. Pengalaman ini pun menjadi pengalaman yang sempurna untuk mengakhiri hari Anda.

Jika Anda ingin menikmati kemegahan pulau dari ketinggian, pastikan untuk mendaki ke Bukit Cinta. Di sini Anda akan disuguhi pemandangan memukau dari laut terbuka yang luas dan keindahan pulau-pulau terdekat. Di Bukit Joko Tuo, ada kerangka seekor paus raksasa yang ditempatkan di sini sebagai monumen penghormatan.