Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 29 November 2017 | 00:20 WIB
  • Pulau Menjangan, Rumah Bangkai Kapal Belanda dari PD II

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Pulau Menjangan, Rumah Bangkai Kapal Belanda dari PD II
Photo :
  • Situs Kementerian Pariwisata
Keindahan bawah laut Pulau Menjangan, Bali

VIVA – Pagi tadi, AirNav Indonesia kembali menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor A4274/17 mengenai perpanjangan penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Hal ini dikarenakan erupsi Gunung Agung yang terjadi semalam menutupi ruang udara di atas Bandara I Gusti Ngurah Rai sehingga penutupan Bandara diperpanjang dari semula sampai Selasa 28 November 2017 pukul 07.00 WITA menjadi sampai dengan Rabu 29 November 2017 pukul 07.00 WITA.

Ditutupnya bandara tersebut pun berdampak terhadap jadwal penerbangan menuju Bali. Banyak wisatawan yang tadinya hendak ingin ke Pulau Dewata pun mengurungkan niat untuk datang ke sana.

Namun, bagi Anda yang tetap ingin berlibur tanpa terganggu akibat sulitnya mendarat di Ngurah Rai. Ternyata ada destinasi di sekitar Bali yang bisa dikunjungi tanpa harus menggunakan pesawat salah satunya Pulau Menjangan.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata, dan berbagai sumber menyebutkan bahwa pulau ini terletak 10 kilometer di lepas pantai barat laut Bali. Meski sudah masuk wilayah Bali, namun Pulau Menjangan ini sangat berdekatan dengan Kabupaten Banyuwangi sehingga dapat dijangkau dari berbagai starting point di Banyuwangi.

Dari Banyuwangi wisatawan bisa menuju Pantai Grand Watudodol yang letaknya sekitar 2-3 kilometer dari pelabuhan Ketapang. Dari pantai itu Anda dapat menyewa kapal untuk menyeberang menuju Pulau Menjangan.

Lalu apa yang bisa dinikmati di Pulau Menjangan? Dilansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata, Pulau Menjangan ini menjadi salah satu destinasi atau spot menyelam terbaik yang ada di Bali. Sebab pantai ini memiliki kehidupan dunia bawah laut yang sangat terang dan berwarna, serta banyak tempat berbeda yang bisa dipilih.

Salah satu titik menyelam yang paling populer di pulau ini berada di kedalaman 45 meter. Di sini Anda dapat menemukan bangkai kapal Belanda yang tenggelam saat Perang Dunia II. 

Bangkai kapal yang berisi muatan keramik dan botol kaca ini kemudian menjadi tempat singgahnya karang-karang lunak. Jika beruntung Anda pun dapat bertemu kura-kura maupun hiu di sekitar titik selam ini. 

Tak hanya itu, ada juga pusat penyelaman terbaik yang disebut Eel Garden yang terletak di ujung barat Menjangan. Di daerah dengan pasir putih memesona ini pun menyuguhkan pengalaman menyelam yang menyenangkan. Anda bisa menemukan hal indah ketika melakukan penyelaman di sekitar 40 meter, pasalnya Anda bisa menemukan banyak gorgonia dan beberapa penghuni laut lainnya.

Ketika lelah menyelam, Anda bisa beristirahat di pinggir pantai sambil menyantap makanan atau bekal yang Anda bawa. Sambil menikmati pemandangan barisan gunung di Pulau Jawa, pasir putih dan birunya laut di sini.