Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 29 November 2017 | 14:16 WIB
  • Bersantai di Kampung Pelangi Sabang dengan Panorama Laut

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Dani Randi (Banda Aceh)
Bersantai di Kampung Pelangi Sabang dengan Panorama Laut
Photo :
  • VIVA/Dani Randi
Kampung Pelangi Sabang, Aceh

VIVA – Kampung Pelangi di Kota Sabang, Aceh, memiliki pemandangan berbeda. Kampung pelangi ini letaknya di pinggir pantai dan teluk Sabang, yang berhadapan dengan dermaga konteiner terminal 3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (CT3 BPKS).

Kampung Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang ini, dahulunya dinamakan kampung perikanan. Kini, disulap menjadi semakin berwarna, layaknya kampung pelangi yang sudah mulai tenar di beberapa kota besar di Indonesia.

Uniknya, di seberang jalan perkampungan bisa digunakan untuk bersantai dengan pemandangan laut yang indah. Lokasi ini pun jadi destinasi wisata baru di Sabang.

Kampung tersebut bisa dikatakan sebagai Kampung Pelangi. Sebab, rumah-rumah yang ada di lokasi tersebut dicat dengan warna-warni yang mencolok, serta beragam lukisan karya warga setempat di sepanjang jalan.

Saat VIVA berkunjung ke lokasi ini, di seberang jalan menuju Dermaga CT 3 BPKS, sudah disediakan tempat duduk bagi pengunjung. Anda bisa bersantai di sini sembari bisa menikmati hilir mudik kapal-kapal berukuran besar di perairan Sabang.

Sementara itu, di sisi belakang kampung terdapat bukit yang hijau. Kehadiran kampung ini telah menarik perhatian warga yang melintas dan beberapa pengunjung tampak berhenti untuk sekadar mengabadikan pemandangan tersebut. Sebab, Kampung Pelangi ini terbilang baru, muncul sebelum acara Sail Sabang 2017.

Kampung Pelangi Sabang, Aceh

Memanfaatkan momen ini, sebagian warga kampung membuka penginapan bagi wisatawan. Sebagai informasi, kampung ini dikerjakan oleh anggota Kodim 0112/Sabang di bawah Korem 012/Teuku Umar Kodam Iskandar Muda dalam rangka mendukung even internasional Sail Sabang 2017, yang bekerja sama dengan masyarakat setempat.

“Mulanya melihat Kota Sabang ini perlu ada sesuatu yang baru, dan kami melihat juga keberhasilan di beberapa kota di Indonesia dalam mengubah kampung menjadi lebih baik seperti di Kota Malang,” kata Komandan Kodim 0112/Sabang, Letkol Czi Kholid Firdaus kepada VIVA, belum lama ini.

Kampung Pelangi ini merupakan yang pertama yang letaknya di pinggir pantai di Indonesia. Dia berharap, Kampung Pelangi bisa mengangkat potensi Kampung Kuta Timu dan menjadi daya tarik para pengunjung atau wisatawan saat pelaksanaan Sail Sabang.

"Di samping itu, konsep Gampong Pelangi, juga diharapkan bisa mendukung konsep untuk memberdayakan kuliner yang selama ini menjadi usaha yang banyak ditekuni warga,” ujarnya.