Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 12:38 WIB
  • Sebelum Meninggal, Bondan Winarno Plesir di 5 Destinasi Ini

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Isra Berlian
Sebelum Meninggal, Bondan Winarno Plesir di 5 Destinasi Ini
Photo :
  • Instagram @maknyusbw
Bondan Winarno.

VIVA – Pakar Kuliner Bondan Winarno meninggal dunia, Rabu 29 November 2017. Semasa hidupnya, pria yang akrab disapa Pak Bondan Maknyus ini sering melakukan plesir ke berbagai tempat di seluruh dunia. Tak hanya sekadar plesir, alharhum juga senang mencicipi kuliner khas saat berkunjung ke suatu tempat.

Berikut ini lima tempat yang pernah dijelajahinya, dilihat langsung dari akun instagram pribadinya @maknyusbw.

1. Lembah Anai Padang Panjang

Lewat akun Instagram miliknya, Pak Bondan sempat mengupload foto air mancur di Lembah Anai, 12 September 2017. Namun dalam foto tersebut, air mancur yang digambarkan justru terlihat seperti air terjun.

Pak Bondan pun sempat bertanya, "Mengapa air terjun sebesar ini disebut air mancur?"

Seperti diketahui, Lembah Anai Sumatera Barat merupakan salah satu kawasan cagar budaya yang di dalamnya terdapat dua air terjun.  Salah satu yang terkenal adalah Air Terjun Lembah Anai Padang. Air terjun ini memiliki air jernih yang mengalir dari lokasi Gunung Singgalang yang menyusuri perbukitan hingga sampai ke lembah.

Terletak di Nagari Singgalang dengan menempuh treking selama dua jam, Anda akan menemukan deretan perbukitan hijau di kaki Gunung Singgalang sebelum sampai ke air terjun. Sesampainya di sana, Anda akan dapat menemukan pemadangan air terjun dengan udara yang segar berhembus dari derasnya air terjun ini.

Selain pemandangan air terjun Anda akan dapat menyaksikan panorama keindahan alam lainnya berupa bukit dan lembah di sisi kiri dan kanan jalan. Karena merupakan kawasan cagar alam, jangan kaget ketika berada di sini akan menemui beberapa satwa liar seperti monyet.

2. Astana Mangadeg

Pada 24 Juli 2017, almarhum juga sempat mengupload foto, yang menggambarkan bahwa suasana foto itu berada di Astana Mangadeg.

Foto yang diuploadnya diberi caption, "Kagum akan spiritual insight si kecil ini. Setelah menabur segenggam bunga, dia taburkan 2 genggam lagi untuk Mami dan Koko-nya. God bless your sweet soul, Zaphrena."

Dilansir dari berbagai sumber, Astana Mangadeg ini terletak di Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Astana Mangadeg ini merupakan tempat makam raja–raja dari istana Mangkunegaran, Surakarta.

Astana Mangadeg berada dalam satu kawasan dengan Astana Giribangun, kompleks pemakaman keluarga mantan Presiden RI, Soeharto.

Selain berziarah para pengunjung juga bisa berwisata menikmati panorama alam perbukitan lereng Gunung Lawu. Mengingat lokasinya yang terletak di salah satu puncak tertinggi di antara deretan bukit di lereng Gunung Lawu. Di tempat ini, pengunjung bisa mendapatkan bonus pemandangan kota Solo dari ketinggian.

3. Tanah lot

Tepat 13 Juli 2017, almarhum Pak Bondan juga sempat mengupload video indahnya sunset di Tanah Lot Bali. Ia, merekam aktivitas wisatawan saat berkunjung ke Tanah Lot. Dan di akhir video, ia perlihatkan indahnya sunset di kawasan wisata tersebut.

"Not a bad sunset, after all," tulisnya.

Seperti diketahui, Tanah Lot di Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Bagi banyak orang Tanah Lot melambangkan pulau romantis yang ada di Bali. Di Tanah Lot ini terdapat dua pura yang terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing. Tempat ini pun terkenal dengan panorama matahari terbenam yang indah.

Rasakan ketenangan matahari tropis perlahan lenyap di luar cakrawala dan lautan terbuka lebar, dan dengarkan suara ombak yang menenangkan menerjang di pantai. Ini akan menjadi memori yang luar biasa untuk menghargai seluruh hidup Anda.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Tanah Lot adalah selama Odalan, yang dirayakan setiap 210 hari, di dekat perayaan Galungan dan Kuningan pada hari suci yang dikenal dengan nama Buddha Cemeng Langkir. Pada hari ini Anda akan melihat deretan wanita Bali dengan anggun membawa sesaji di atas kepala mereka untuk sembahyang di pura Tanah Lot.


4. Penang Malaysia

Pada 9 Juli 2017, almarhum juga sempat mengupload foto jajaran sepeda warna biru. Dia juga menerangkan bahwa foto itu adalah gambaran suasana di Penang, Malaysia. Bondan juga menulis lewat caption, "Bikes for share."

Kota yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia sejak tahun 2008 ini menawarkan beragam jenis wisata. Mulai dari Kek Lok Si, yang merupakan kuil Budha terbesar di Penang.

Kedua, Taman Botani Penang yang menampilkan pohon berusia 100 tahun, bukit berhutan, dan teratai Amazon raksasa. Kawasan ini menawarkan ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan, serta juga pendidikan konservasi tumbuhan.

Tak hanya dua lokasi itu saja, Anda bisa mengunjungi museum peranakan penang yang menampilkan barang antik dan beragam benda lainnya yang menggambarkan kehidupan bangsa Peranakan di Penang.

5. Utrecht Central, Belanda  

1 Mei 2017, Pak Bondan sempat mengupload foto suasana Belanda. Dia menulis dalam caption fotonya, "Domtoren, Utrecht, Minggu sore."

Kota terbesar keempat di Belanda ini menawarkan pemandangan indah yang tak boleh dilewatkan. Wisatawan dapat berjalan di atas dermaga sepanjang kanal cekung dari abad ke-14 yang romantis. Anda pun bisa mengikuti tur kanal panjat Dom Tower dan susuri jalan sepanjang kanal dan dermaga untuk mengenal kota ini.

Atau mengunjungi beberapa museum seperti Museum Speelklok yang menampilkan koleksi jam musikal dan organ yang luar biasa.