Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 13:56 WIB
  • Lokasi Wisata Alternatif di Musim Hujan

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Isra Berlian
Lokasi Wisata Alternatif di Musim Hujan
Photo :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
Para pengunjung teater Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah

VIVA – Musim hujan yang melanda Jobadetabek dan beberapa kota di Indonesia membuat sebagian orang membatalkan rencana liburan panjang akhir pekan ini ke beberapa destinasi wisata seperti pantai atau gunung. Sebab, cuaca buruk bakal membuat liburan Anda di lokasi tersebut menjadi berantakan.

Jika Anda ingin tetap menghabiskan liburan di luar rumah, destinasi wisata indoor atau dalam ruang menjadi pilihan paling tepat. Misalnya saja ke museum atau ke beberapa pusat perbelanjaan yang menyediakan beragam wahana permainan menantang.

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata indoor di Jakarta yang bisa menjadi alternatif liburan panjang akhir pekan Anda.

Monumen Nasional (Monas)

Ikon Jakarta ini selalu dijadikan lokasi wisata bagi masyarakat baik warga Jakarta maupun luar Jakarta. Umumnya masyarakat memadati kawasan taman yang terletak di pelataran Monas untuk piknik saat cuaca cerah.

Kendati demikian, di tempat ini, Anda bisa tetap berwisata dengan mengunjungi museum sejarah yang terletak di dalam bangunan Monas. Di sana, wisatawan dapat menyaksikan 48 diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru.

Di sini pula terdapat sebuah ruang kemerdekaan, yang menjadi tempat penyimpanan naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Untuk bisa masuk ke dalam tugu Monas, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang Rp20 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak. Sedangkan untuk memasuki cawan monas dikenakan biaya Rp7.500 untuk orang dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak.

Monumen Nasional atau Monas

Jakarta Aquarium

Berlokasi di salah satu pusat perbelanjaan di Kawasan Tanjung Duren Jakarta Barat, Jakarta Aquarium menawarkan berbagai pengalaman menarik seputar biota-biota laut. Wisatawan bisa menyentuh beberapa satwa seperti hiu bambu, bintang laut biru, siput dan yang lainnya di area Touch Pool.

Selain itu, juga tengah dipersiapkan atraksi menarik, seperti berenang bersama dengan hiu serta pengalaman Sea Trek atau berjalan di dalam aquarium besar layaknya di Bali.

Untuk merasakan pengalaman ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp175 ribu untuk paket reguler weekend dan weekdays. Sedangkan untuk paket premium weekend dan weekdays sebesar Rp225 ribu. Yang membedakannya, paket reguler tidak dilengkapi dengan tiket theater 5D. Jakarta Aquarium dibuka mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

Museum Macan

Museum yang terletak di Jalan Panjang Jakarta Barat ini tengah populer di kalangan generasi millennial. Mengambil tema Art Turns. World Turns, museum ini menyajikan sebuah narasi yang mengeksplorasi resonansi antara Indonesia dan dunia dan menawarkan pembacaan sejarah seni Indonesia dalam dialog dengan sejarah seni global.

Museum ini pun menampilkan 90 karya seni dari seniman asal Indonesia dan asing. Yang menarik adalah adanya beberapa spot foto Instagramble, seperti di beberapa lukisan kontemporer atau di berbagai bola lampu warna warni.

Moiland

Musim penghujan seperti ini, Anda akan sulit jika mengunjungi taman bermain populer. Sebagai penggantinya, Anda bisa mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan Mall of Indonesia di Kelapa Gading. Di mal ini, ada beragam permainan yang tak kalah serunya seperti di taman bermain lain. Ada beberapa permainan menyenangkan, seperti wahana bola, balon, Canoe, Comfyland, Drop Zone Sky Tower, Farm House, Grand Pix.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Ketika mengunjungi kawasan ini ketika musim penghujan, Anda bisa singgah di rumah-rumah adat nusantara untuk piknik dan makan siang bersama keluarga, atau memilih ke Theater IMAX Keong Mas. Selain sebagai lokasi hiburan,  lokasi wisata di Jakarta Timur ini juga menjadi wisata edukasi karena banyak beragam museum, di antaranya PP IPTEK, Museum Transportasi, Museum Keprajuritan, Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Indonesia Komodo.

Untuk masuk ke tempat ini, Anda harus membayar tiket perorangan sebesar Rp10 ribu, mobil Rp10 ribu, bus/truk Rp30 ribu, motor Rp6.000, dan sepeda Rp1.000.