Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 11:23 WIB
  • Pertama Kali ke Luar Negeri, Catat 7 Hal Penting Ini

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Pertama Kali ke Luar Negeri, Catat 7 Hal Penting Ini
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi travelling dan paspor.

VIVA – Perjalanan ke luar negeri membawa banyak pengalaman seru. Namun, perjalanan ke luar negeri bisa menjadi sangat mengerikan terutama bagi yang baru pertama kali ingin melakukan perjalanan semacam ini.

Jika Anda berencana untuk bepergian ke luar negeri untuk pertama kalinya dan agak khawatir, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. 

Dilansir dari laman Zeenews.india.com, Kapil Goswamy, Direktur Pelaksana BigBreaks.com, sebuah situs travel,  memberikan beberapa tips yang bisa Anda jadikan pegangan dalam mengatur jadwal ke luar negeri untuk pertama kalinya.  

- Pilih destinasi dengan bijak

Pastikan negara pertama yang kamu kunjungi masih memiliki sedikit kesamaan budaya. Kamu bisa mengunjungi negara tetangga terlebih dahulu. Sri Lanka, Dubai, Singapura, Thailand, Malaysia, Hong Kong adalah pilihan bagus, di mana Anda bisa merasa layaknya berada di rumah secara budaya. 

Pilihlah negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Bahasa adalah fasilitator besar untuk berkomunikasi di negeri asing. Selain itu pilihlah destinasi yang memang sesuai dengan anggaran Anda.

- Dokumen

Pastikan kelengkapan dokumen seperti paspor, visa, lembaran dokumentasi lain, termasuk asuransi dan simpan dengan rapi. 

Jangan lupa untuk membuat salinan dokumen tersebut. Ini penting untuk menghindarkan kejadian tak menyenangkan seperti kehilangan. Ide yang baik juga untuk memiliki salinan softcopy dan file-nya ke dalam e-mail.

- Asuransi

Beli asuransi perjalanan. Selama perjalanan ke luar negeri, hal-hal seperti kecelakaan bisa saja terjadi. Tak hanya itu, asuransi pun sangat penting bukan hanya karena hal-hal mengerikan yang dapat terjadi pada bagian tubuhmu, tetapi juga jika terjadi pembatalan pemberangkatan dan masalah kehilangan bagasi.

Nah untuk membeli asuransi perjalanan hal yang penting dilakukan adalah membandingkan harga dan keuntungan, dan pastikan asuransi perjalanan sudah terjamin. 

- Kartu ATM atau Kredit

Bawa mata uang internasional dan kartu ATM atau kredit. Untuk berbelanja di mal atau pusat perbelanjaan lainnya, kartu kredit merupakan pilihan terbaik.

- Banyak membaca

Baca dan teliti. Lakukan penelitian tentang lokasi wisata yang akan kamu kunjungi. Hal tersebut sangat penting untuk kamu mengetahui sejarah, budaya dan etika di negara yang menjadi tujuanmu.

Belajar juga kata-kata umum dan sederhana di negara tujuan. Pastikan juga kamu memiliki kontak darurat selama kamu berada di negara baru.

- Buat jadwal yang realistis.

Hal paling utama yang menjadi masalah traveler di luar negeri adalah rasa jetlag akibat perjalanan yang panjang. Simpan satu hari untuk beristirahat. Begitu sudah pulih, Anda bisa eksplorasi ke beberapa tempat di sana. 

- Tetap terhubung

Berwisata keluar negeri dan membuat panggilan telepon ke negara asal akan membuat tagihan telepon membengkak. Oleh karena itu, belilah kartu SIM lokal dan pastikan sambungan internet tetap terhubung. Dengan begitu kamu masih akan terhubung dengan orangtua, saudara, kerabat dan teman-temanmu.