Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 Desember 2017 | 15:07 WIB
  • Pesona Laut Sumenep Pikat Wisatawan Kapal Pesiar Dunia

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Pesona Laut Sumenep Pikat Wisatawan Kapal Pesiar Dunia
Photo :
  • Google Photo
Pantai sembilan, Gili Genting, Sumenep

VIVA – Memiliki ratusan pulau dengan pemandangan indah lautnya membuat Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai dilirik wisatawan asing. Itu bisa terlihat dari banyaknya wisatawan yang pergi ke Sumenep menggunakan kapal pesiar.

Bupati Sumenep, Busyro Karim, mengatakan, tahun ini setidaknya ada 12 kapal pesiar yang singgah di Sumenep. Angka ini meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebelumnya, hanya ada dua hingga tiga kapal pesiar asing yang mampir ke Sumenep.

"Kenaikannya cukup drastis," ucapnya di Jakarta, Selasa 5 Desember 2017.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sufiyanto menambahkan, kenaikan ini tak lain karena upaya sosialisasi dan kemudahan yang diberikan hingga membuka jejaring dengan agen kapal pesiar Asia.

Ia menjabarkan, 12 kapal pesiar tersebut singgah di Sumenep, Kalianget, Kepulauan Kangean, dan Gili Genting. Tak hanya seputar destinasi itu yang menjadi pilihan wisata.

Sufiyanto pun menyebut paket wisata kapal pesiar ini menyasar beberapa ikon wisata seperti Masjid Agung, Keraton Sumenep hingga Asta Tinggi yang merupakan tempat makam raja-raja Sumenep, yang berdiri sejak 1644 Masehi.

"Ada juga yang memilih menambah biaya tambahan agar memilih destinasi lainnya," ujarnya.

Sebanyak 12 kapal pesiar yang singgah di destinasi wisata Kabupaten Sumenep pada Maret hingga November 2017 antara lain, Coral Discoverer, Silver Sea, Katharina, Star Clipper, dan Ponant Cruise.

Wisatawan cruise ini antara lain mengunjungi Gili Genting sebagai destinasi wisata bahari unggulan. Hingga kini, kata dia, wisatawan asal Australia dan Prancis yang paling meminati wisata kapal pesiar ini.