Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 Desember 2017 | 17:08 WIB
  • Hari Terbaik Pesan Tiket Pesawat untuk Libur Natal

  • Oleh
    • Alika Noor,
    • Isra Berlian
Hari Terbaik Pesan Tiket Pesawat untuk Libur Natal
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi suasana antrian bandara

VIVA – Libur Natal dan Tahun Baru kerap menjadi momen untuk melakukan perjalanan ke tempat wisata, atau mengunjungi sanak saudara. Pada masa ini, umumnya harga tiket perjalanan akan jauh lebih mahal.

Untuk menyiasati hal tersebut, tak jarang kebanyakan orang akan memesan tiket sebulan sebelumnya (November).

Namun ternyata cara itu tidak 100 persen benar. Menurut laman Mirror, CEO situs perjalanan wisata, Philipp Brinkmann, mengutarakan bahwa untuk mendapat tiket dengan harga terbaik, tidak ada rumus pasti. Karena harga umumnya selalu berubah, sebagai imbas dari permintaan konsumen pada satu waktu.

Philipp lantas memberikan beberapa tips bagi calon pelancong yang ingin memperoleh tiket penerbangan murah untuk libur Natal dan Akhir Tahun.

1. Berangkat tepat di Hari Natal atau Malam Natal

Tahun lalu, menurut Philipp, kesempatan untuk lebih berhemat adalah saat Malam Natal atau tepat di Hari Natal.

2. Sabtu jadi hari terburuk memesan tiket

Hari terburuk memesan tiket adalah hari Sabtu, begitu kata Philip. Sebanyak 92 persen pemesanan di hari tersebut pada November dan Desember jauh lebih mahal dibanding harga rata-rata. Sisanya, sejumlah 8 persen itu-lah, yang memperoleh tarif terbaik.

Sedangkan untuk penawaran tiket murah jatuh pada hari Senin, Rabu, dan Kamis. Pemesanan pada hari Minggu dianggap lebih baik dibanding Sabtu meski masih belum ideal, dengan 69 persen tiket yang dipesan pada hari ini tidak menawarkan harga yang terjangkau.

3. Waktu terbaik untuk memesan

Selain hari, pekan tertentu juga memainkan faktor penting. Tahun lalu, rasio tertinggi pemesanan penerbangan Natal dengan harga terjangkau dilakukan selama minggu pertama yang dimulai pada 2 November. Selama seminggu ini, 60 persen pemesanan memiliki harga rata-rata atau di bawah harga rata-rata.

Sebaliknya, sekitar minggu ketiga yang dimulai pada tanggal 16 November tampaknya menawarkan harga penerbangan terburuk dengan 87 persen pemesanan yang meningkat secara signifikan lebih tinggi daripada harga rata-rata.

4. Periode perjalanan Natal yang paling ramai

Periode perjalanan Natal paling ramai adalah sejak malam Natal sampai tanggal 28 Desember, diikuti tanggal 21-28 Desember. Sejauh ini, tanggal kembali paling populer (56 persen dari pemesanan) adalah tanggal 28 Desember. Dengan mengetahui karakteristik alur perjalanan musim libur Natal, Anda akan lebih bijak untuk memutuskan kapan harus pergi dan kembali. (ren)