MU Vs Liverpool, Lebih dari Sekadar Rivalitas

Pertandingan Liverpool kontra Manchester United
Sumber :
  • Reuters / Carl Recine

VIVA.co.id - Duel sengit bakal tersaji di pekan 21 Premier League, di mana Manchester United akan menjamu Liverpool pada Minggu 15 Januari 2017.  Laga ini lebih dari sekadar rivalitas kedua tim, namun juga pertaruhan posisi di papan klasemen.

Hasil Lengkap Liga Europa: AC Milan Keok, Liverpool Hancur Lebur

Pertandingan di Old Trafford nanti bakal menjadi yang ke-50 bagi kedua tim di ajang Premier League. Rivalitas antara MU dan Liverpool menjadi bumbu tersendiri di setiap pertandingannya.

Duel keduanya di Anfield pada pertemuan pertama musim ini berakhir tanpa pemenang. Namun, situasi kali ini berbeda karena kemenangan menjadi wajib demi bisa menjaga posisi dalam perebutan gelar juara.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

MU saat ini berada di posisi 6 klasemen sementara Premier League dengan 39 poin dari 20 laga. Paul Pogba dan kawan-kawan hanya kalah 2 angka dari Arsenal di posisi 5, dan 3 poin dari Tottenham Hotspur dan Manchester City  di peringkat 3 dan 4.

Sedangkan Liverpool menempati posisi 2 dengan 44 poin, yang hanya kalah 5 angka dari Chelsea di peringkat teratas. Demi meraih kemenangan nanti, manajer Jose Mourinho berharap dukungan publik Old Trafford.

Klopp Puji Trio Belanda di Liverpool

"Apa yang saya rasakan di laga Minggu ini adalah laga spesial bagi fans MU," kata manajer asal Portugal tersebut seperti dilansir Marca.

"Jadi undangan saya kepada fans adalah bukan sekadar datang ke stadion. Tapi, datanglah untuk 'bermain', bermain bersama kami," lanjut Mourinho.

Gelandang andalan Setan Merah, Paul Pogba, juga menyadari bila meraih poin sempurna dari Liverpool akan terasa lebih spesial. Derby North-West ini juga lebih besar dari laga kontra Manchester City.

"Sejarah pertemuan kedua tim ini seperti derby bergengsi. Lebih besar dari duel melawan Manchester City," kata Pogba dilansir Soccerway.

"Atmosfer laga ini sangat spesial. Anda ingin meraih tiga poin melawan tim apapun. Tapi, ini lebih spesial ketika menghadapi Liverpool," sambung mantan pemain Juventus ini.

MU Favorit...


MU Favorit

Mantan pemain Liverpool, Jamie Carragher, menilai Manchester United lebih difavoritkan dalam laga nanti. Ini melihat capaian Setan Merah yang tidak terkalahkan dalam 15 laga terakhir.

Bahkan, MU meraih kemenangan beruntun dalam 6 laga terakhirnya. Sedangkan Liverpool sedang dalam tren cukup negatif di awal 2017 ini.

Tim asuhan Juergen Klopp itu belum sekalipun berhasil meraih kemenangan dalam laga kontra Sunderland, Plymouth dan Southampton. The Reds cuma bisa meraih hasil imbang 2 kali dan kalah sekali.

Ini jelas bukan modal yang bagus untuk menghadapi MU. Maka itu, Carragher merasa MU lebih difavoritkan dalam pertandingan nanti, terlebih bermain di kandang sendiri.

“Saya pikir MU yang favorit. Liverpool tidak dalam performa seperti 2 atau 3 pekan lalu, sedangkan MU tengah bagus-bagusnya di liga dan saat bermain di kandang," ujar Carragher, dilansir Sky Sports.

“Saya pikir, siapapun yang bermain di kandang biasanya menjadi favorit saat kedua tim ini bertemu. Momentum sepertinya ada pada MU, namun Liverpool harus bisa comeback dan menjawabnya dengan sebuah performa," tuturnya.

Mantan pemain timnas Inggris, Paul Merson, menilai MU sedikit diunggulkan pada laga nanti. Pemain macam Marcus Rashford dan Anthony Martial bisa menyulitkan barisan belakang Liverpool yang sedang tidak oke.

"Saya menyaksikan pertandingan Liverpool di Piala Liga Inggris dan mereka tampil buruk di lini belakang. Dan kalau Zlatan Ibrahimovic sedang fit, maka saya tidak bisa memikirkan bagaimana mereka akan mengatasi MU," kata Merson, dilansir Sky Sports.

"Pertahanan Liverpool berantakan di markas Southampton dan James Milner bisa menjalani hari yang panjang melawan Rashford atau Martial," lanjutnya.

Meskipun tengah dalam performa oke, kekalahan pada laga ini akan memberikan pengaruh bagi MU. Menurut Merson, MU bakal makin sulit untuk menembus posisi 4 besar.

"Saya pikir mereka adalah pemain-pemain besar kalau memenangi laga ini, tapi kalau mereka kalah maka peluang finis di 4 besar bisa terancam," kata Merson yang kini menjadi komentator sepakbola.

Data dan Fakta Pertandingan...


Data dan Fakta Pertandingan

Manchester United tercatat lebih sering menang atas Liverpool, dan mayoritas tercipta di Old Trafford. MU sudah menang 11 kali dari 14 pertandingan terakhir di kandang.

Duel keduanya juga sudah menghasilkan 16 kartu merah di ajang Premier League. Ini menjadi paling banyak kedua, setelah duel Liverpool kontra Everton.

Masih banyak fakta dan data menarik lainnya, yang dilansir Opta:
1. Laga ini akan jadi pertemuan ke-50 MU dengan Liverpool di Premier League. MU menang dalam 27 dari 49 pertemuan sebelumnya (imbang 9 dan kalah 13)

2. Liverpool kalah 11 kali dalam 14 laga tandang terakhir di Old Trafford pada Premier League. Di mana,  3 laga lain berakhir dengan kemenangan untuk Liverpool.

3. Liverpool lebih sering kalah dari MU, baik di Premier League (27 pertandingan) ataupun seluruh ajang (67 kali kalah).

4.  Andai dimainkan Jose Mourinho, ini akan menjadi penampilan ke-450 untuk Wayne Rooney di ajang Premier League.

5. Juergen Klopp cuma kalah sekali dalam 6 pertemuan dengan Jose Mourinho (W3 D2 L1). Kekalahan itu terjadi saat masih melatih Borussia Dortmund dan melawan Real Madrid 0-2 di leg 2 semifinal Liga Champions 2013.

6. Juan Mata menunjukkan kontribusi signifikan dalam 4 pertandingan lawan Liverpool di Premier League. Dia berperan dalam terciptanya 5 gol dengan bikin 3 gol dan bikin 2 assist.

7. Adam Lallana berkontribusi dalam terciptanya 14 gol di Premier League musim ini (7 gol dan 7 assist), paling sering ketimbang para pemain lain di liga.


Statistik Kedua Tim

Head to head:

18/01/16 Liverpool 0-0 Manchester United (Premier League)
18/03/16 Manchester United 1-1 Liverpool (Liga Europa)
11/03/16 Liverpool 2-0 Manchester United (Liga Europa)
17/01/16 Liverpool 0-1 Manchester United (Premier League)
12/09/15 Manchester United 3-1 Liverpool (Premier League)

5 Pertandingan Terakhir Manchester United:
11/01/17 Manchester United 2-0 Hull City (Piala Liga)
07/01/17 Manchester United 4-0 Reading (Piala FA)
03/01/17 West Ham 0-2 Manchester United (Premier League)
31/12/16 Manchester United 2-1 Middlesbrough (Premier League)
26/12/16 Manchester United 3-1 Sunderland (Premier League)

5 Pertandingan Terakhir Liverpool:
12/01/17 Southampton 1-0 Liverpool (Piala Liga)
08/01/17 Liverpool 0-0 Plymouth (Piala FA)
02/01/17 Sunderland 2-2 Liverpool (Premier League)
01/01/17 Liverpool 1-0 Manchester City (Premier League)
28/12/16 Liverpool 4-1 Stoke City (Premier League)

(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya