Kembali Merajut Persatuan Usai Pilkada

Ahok-Djarot dan Anies-Sandi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Pemilihan kepala daerah, atau Pilkada serentak sudah dilangsungkan. Namun, belum tiba di babak akhir. Hasil yang terpampang baru versi hitung cepat. Kendati demikian, calon kepala daerah peraup suara tinggi, jelas terlihat merasa jelak. Lalu, yang berpotensi tersisih, mau tak mau harus terima kalah.

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

Sejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan bahwa 15 Februari 2017, akan menjadi momentum Pilkada serentak tahun ini, 101 daerah yang akan memilih pemimpinnya mulai bersiap. Di Pilkada 2017, daerah yang memilih kepala daerahnya, yaitu tujuh provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota.

Dari tujuh provinsi, yaitu Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. Ibu Kota ibarat menjadi barometer nasional penyelenggaraan Pilkada.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

Pilkada DKI memang paling menarik perhatian. Terlebih lagi, berbagai isu yang mengait pada kandidatnya mendapatkan perhatian skala nasional. Pasangan yang bertarung di Jakarta, yaitu pasangan calon petahana Gubernur dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, atau Ahok Djarot dan dua penantangnya, pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Setelah mengundi nomor urut pada 23 Oktober 2016 lalu, persaingan antara ketiganya mulai seru diamati. Apalagi, pada periode kampanye 26 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017.  Rivalitas kandidat tak ketinggalan diramaikan oleh para tim pemenangan hingga simpatisan, yang alih-alih mengutamakan prestasi calon kepala daerah, justru kerap saling lempar sisi minus lawan. Menjadi polemik, percakapan hingga perdebatan di dunia maya hingga jagad nyata.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

Riuh rendah pilkada yang selama ini menjadi fokus publik akhirnya teruji pada momen 15 Februari 2017.  Hanya dalam rentang delapan jam, masyarakat sudah bisa melihat indikasi kemenangan maupun kekalahan pasangan calon yang dipilih di kotak suara.

Lembaga-lembaga survei yang diketahui menjadi konsultan para calon maupun yang tidak, sigap mengambil bagian. Mereka mencari data, mengolah sedemikian rupa, mencacah angka hingga menunjukkan prediksi, gambaran kemenangan dan kekalahan para kandidat pemimpin daerah tersebut. Gambaran itu, diyakini tidak akan jauh meleset dari hasil penghitungan KPU yang baru akan dirilis beberapa hari setelah hari pemilihan nantinya.

Lewat pukul 13.00, Rabu siang, hasil hitung cepat, atau quick count sudah mulai muncul melalui media massa. Angka-angka perolehan pasangan calon susul-menyusul. Dari jam ke jam, perolehan bisa berubah. Namun, menjelang pukul 18.00 WIB, hampir semua lembaga survei maupun litbang media menyebutkan sudah memasukkan data lebih dari 90 persen, sehingga hasil hitung cepat tidak lagi akan berubah signifikan.

Di Pilkada DKI Jakarta misalnya, pasangan nomor urut 2 Ahok-Djarot, menang di semua hitung cepat lembaga survei. Meskipun angka perolehan pasangan tersebut cukup tipis bersaing, disusul pasangan nomor urut 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Sementara itu, pasangan nomor urut 1, Agus-Sylvi memang cenderung jauh tertinggal.

Dua lembaga survei yang cukup popular, Polmark Indonesia yang dibesut Eep Saefulloh Fatah dan Indikator oleh Burhanudin Muhtadi, sama-sama mengeluarkan hasil hitung cepat yang menunjukkan petahana Ahok-Djarot mengungguli rivalnya.

Di hitung cepat Polmark, pasangan Ahok-Djarot meraup suara 42,27 persen disusul Anies-Sandi dengan 39,77 persen dan Agus-Sylvi memeroleh 17,96 persen. Sementara itu, versi Indikator, Ahok-Djarot juga menang dengan angka 43,16 persen diikuti pasangan Anies-Sandi 39,56 persen dan di posisi buntut, perolehan Agus-Sylvi dengan 17,28 persen.

Namun, Ketua KPU Juri Ardiantoro mengingatkan bahwa hitung cepat hasil keseluruhan di tempat pemungutan suara. Meskipun metode tersebut legal, Juri meminta masyarakat tidak berspekulasi dengan hasil hitung cepat.

Quick count itu hanya menggambarkan hasil sementara, yang bukan merupakan hasil Pilkada sesungguhnya, karena itu hanya beberapa Tempat Pemungutan Suara (sampel) dengan menggunakan metode ilmiah, “ kata Juri Ardiantoro di Kantor KPU, Jakarta, Rabu 15 Februari 2017.

Dia melanjutkan, rekapitulasi akan dilangsungkan apabila penghitungan suara sudah dirampungkan di masing-masing TPS dan dicatat dengan formulir C1. Seterusnya, rekapitulasi akan dilakukan berjenjang mulai dari kecamatan, kabupatan dan kota hingga provinsi.

Membaca data hitung cepat, Indikator memperkirakan bahwa Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung dua putaran.

“Kami memprediksi, Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung dua putaran,” kata Peneliti Indikator Politik Indonesia, Mohammad Adam Kamil di Kawasan Cikini, Jakarta pada Rabu 15 Februari 2017.

Pada putaran kedua diprediksi yang akan maju adalah Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. Sementara itu, skenario putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, juga sudah disiapkan oleh KPU Provinsi DKI Jakarta.

Ketua KPU DKI Soemarno mengatakan, apabila tidak ada satu pasangan yang menjangkau hingga 50 persen suara, maka putaran kedua Pilkada akan bergulir. Putaran selanjutnya, bisa dilangsungkan pada April 2017. Namun, waktu akan molor menjadi bulan Juni tahun 2017, sekiranya ada pasangan calon yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi, atau MK.

“Tetapi, kalau tidak ada gugatan akan dilaksanakan April 2017, insya Allah putaran kedua 19 April,” kata Soemarno.

Berikutnya, euforia>>>

Euforia
 
Hawa kemenangan, sekaligus kekalahan makin terasa di malam, setelah penyelenggaraan Pilkada. Euforia para kandidat, pula tim pemenangan dan simpatisan menjadi hal yang menarik perhatian publik.

Di Rumah Lembang misalnya, massa pendukung Ahok-Djarot berkumpul berjejal, bahkan harus mengambil tempat ke luar gedung hingga menghalangi Jalan Lembang. Para pendukung merasa wijaya dengan hasil pencoblosan yang sama-sama disaksikan masyarakat hari ini.

Ahok menanggapi hasil survei cukup optimistis sejak awal. Dia merasa lega bahwa warga Jakarta masih memilih dia, meski selama ini Ahok harus berurusan dengan sejumlah kasus, khususnya kasus penodaan agama yang sempat disebut membuat tingkat keterpilihan, atau elektabilitasnya, anjlok.

Ahok mengingatkan, adanya hasil-hasil survei yang selalu menempatkannya di posisi ekor. “Sementara ini, kami telah memimpin,” kata Ahok di Rumah Lembang.

Ditemui di kesempatan berbeda, Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa mereka harus bekerja keras kembali, karena Pilkada DKI Jakarta dimungkinkan akan dua putaran. Djarot menilai, pihaknya tidak boleh terlena dan harus menyelesaikan hingga kemenangan menjadi final.

“Hari ini kerja keras kita bersama nyata merebut posisi teratas. Saya yakin, kita semakin kompak dengan hasil hari ini untuk menang di putaran kedua,” ujar Djarot.

Lain halnya dengan Tim Pemenangan Anies-Sandi tidak mau berpuas dengan hasil perolehan suara yang tergambar di hitung cepat. Wakil Ketua Tim Pemenangan, M.Taufik mengatakan, timnya akan menyoroti sejumlah kecurangan yang terjadi di Pilkada Jakarta, termasuk soal pemaksaan kehendak untuk mencoblos nomor urut tertentu.

“Adanya pemaksaan kehendak yang dilakukan oleh anggota DPRD parpol PDIP. Satu ketangkap. Satu itulah yang kita anggap dan menunjukkan suatu yang tidak patut sebagai anggota Dewan,” kata M. Taufik.

Praktik kecurangan lainnya kata dia, adanya pemilih yang menggunakan nama lain untuk memilih. Hal itu ditemukan di Pademangan, Jakarta Utara. Selain itu, adanya 200 orang warga di Muara Baru, yang hampir tidak diperbolehkan memilih oleh patugas TPS, padahal memiliki KTP Jakarta.  

Sementara itu, Agus Yudhoyono mengapresiasi jalannya pilkada meskipun dia tersisih.

"Pasti ada menang, pasti ada yang kalah," kata Agus.

Hal tersebut, kata Agus, adalah realita kehidupan yang harus diterima. Dia mengungkapkan rasa terima kasih kepada tim dan simpatisannya, yang telah membantu mereka berkampanye selama ini.

"Secara ksatria dan dengan lapang dada, saya menerima kekalahan saya dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta," lanjut putra sulung Presiden ke-6 SBY itu.

Selanjutnya, kembali bersatu>>>

Kembali Bersatu

Tak hanya Agus, sejumlah pihak mengapresiasi berjalannya Pilkada serentak yang lancar dan aman. Namun, selain apresiasi, para pemenang versi hitung cepat diminta bijak dalam bersikap.

Hal tersebut juga disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Tito mengingatkan bahwa yang terpilih, siapa pun itu sudah digariskan oleh Tuhan. Karena itu, masing-masing kandidat dan tim pemenangan harus bisa menerima kemenangan maupun kekalahan dengan wajar.

“Kalau ada yang menang, jangan euforia dan merendahkan yang kalah. Jangan sampai terjadi,” kata Tito.

Dia mengatakan, aparat penegak hukum juga siaga mengamankan Pilkada. Tak hanya mengamankan, aparat akan menindak segala bentuk pelanggaran yang mengusik ketertiban pilkada.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. M. Iriawan menyarankan, agar para kandidat dan tim pemenangannya bersabar hingga KPU DKI Jakarta merilis hasil resmi. Selain itu, segala potensi kecurangan harus disalurkan melalu mekanisme hukum yang berlaku.

Dia mengimbau, agar pasangan calon menghindari isu yang bisa membuat perpecahan masyarakat Jakarta.

“Silakan dengan kepala posisi ditekuk, lakukan dengan berdoa, berzikir, dan sebagainya. Kita menghormati yang persentasenya kecil,” kata Iriawan.

Seruan persatuan juga datang dari mantan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, atau ARB yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Golkar. Dia mengingatkan rivalitas pilkada bukan untuk membelah masyarakat.

Saat menyoroti hawa politik yang sempat memanas dan perang para simpatisan di media sosial, ARB meminta masyarakat harus bisa bersatu kembali. ARB usai mencoblos di TPS 023, Jalan Tegal Menteng, Jakarta Pusat, mengatakan bahwa masyarakat harus bisa menghargai pilihan masing-masing.

“Kita kembali bersatu, kita memang bangsa Indonesia. Siapa pun pilihan kita. Itu kan pilihan pribadi masing-masing. Setelah itu, kita bersatu bersama sebagai bangsa Indonesia,” kata ARB. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya