Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 25 Februari 2017 | 06:02 WIB
  • Menakar Oscar 2017

  • Oleh
    • Zahrotustianah
Menakar Oscar 2017
Photo :
  • REUTERS/Mike Blake
Persiapan Ajang Piala Oscar 2017
File Not Found

VIVA.co.id – Academy Awards atau yang biasa dikenal sebagai Ajang Piala Oscar semakin mendekati hari pelaksanaannya. Acara penghargaan untuk para pelaku industri film dunia, terutama Hollywood ini, akan digelar untuk ke-89 kalinya pada Minggu malam, 26 Februari 2017, di Dolby Theatre, Los Angeles.

Hingar-bingar penyambutan acara tahunan ini sudah santer terdengar. Mulai dari prediksi apa dan siapa yang pantas diganjar piala bergengsi itu hingga kejutan yang dipersiapkan di baliknya. Para bintang pun berkemas, menyiapkan diri mencuri sorotan akhir pekjan nanti.

Kira-kira, seperti apa Oscar tahun ini akan berlangsung?

Sejak pertama mengumumkan daftar nominasinya bulan lalu, La La Land sudah digadang-gadang akan menjadi pemenang besarnya. Apalagi, film ini juga jadi jawara di Golden Globes 2017 yang tak kalah bergengsi dengan Academy Awards.

Akan tetapi, bukan berarti tak ada lagi kesempatan untuk para nominasi lainnya. Sejak Donald Trump mengumumkan sejumlah kebijakan yang kontroversial dan dianggap rasis, dominasi La La Land di Piala Oscar patut dipertanyakan lagi. La La Land bisa saja tergusur oleh lawannya, seperti Moonlight dan Hidden Figures yang mengangkat kisah orang kulit hitam. Sebagai bentuk protes terhadap Trump, bukankah para voters bisa mengalihkan suara mereka untuk film-film tersebut?

Collider, sebuah media online yang mengulas dunia perfilman Hollywood memberikan prediksi pemenang Oscar tahun ini. Berikut beberapa prediksi untuk kategori terbesar Oscar 2017.

  • Film Terbaik

Ada 9 film yang masuk nominasi Film Terbaik tahun ini, yaitu Arrival, Fences, Hacksaw Ridge, Hell or High Water, Hidden Figures, La La Land, Lion, Manchester by the Sea, dan Moonlight. Akan tetapi, yang sangat dijagokan oleh media-media Barat adalah La La Land, Moonlight, dan juga Hidden Figures.

Meski pada Screen Actors Guild (SAG) Awards yang digelar 29 Januari 2017, banyak pemenang utama dari artis berkulit hitam, namun Collider memprediksi, film-film tersebut masih kurang berjaya untuk Oscar. La La Land mungkin masih yang terkuat.
 
Alasannya, terlepas dari muatan politik maupun isu rasisme, La La Land adalah film yang mengangkat kisah para pemimpi dah Hollywood itu sendiri. Jika dilihat dari beberapa pemenang sebelumnya, The Artist, Birdman, dan Argo adalah film-film dengan tema serupa.

Akan menang: La La Land
Mungkin menang: Hidden Figures
Seharusnya menang: La La Land
Seharusnya masuk nominasi: Silence

Film La La Land.

  • Aktris Terbaik

Isabelle Huppert (Elle), Ruth Negga (Loving), Natalie Portman (Jackie), Emma Stone (La La Land), dam Meryl Streep (Florence Foster Jenkins) adalah para nominasi untuk posisi Aktris Terbaik Oscar tahun ini. Persaingan ketat sebenarnya diprediksi akan terjadi pada Emma Stone dan Amy Adams, namun sayang aktris Arrival itu tidak dinominasikan untuk kategori ini.

Calon terkuat untuk Aktris Terbaik saat ini ada pada Emma Stone, Isabelle Huppert, dan Meryl Streep. Aktor senior itu bisa jadi saingan kuat untuk Stone berkat pidato penolakan Trump di Golden Globes yang viral itu. Jika para voters tidak menyalurkan suaranya untuk Meryl, maka Emma Stone lagi-lagi bisa melenggang mulus menuju panggung kemenangannya.

Akan menang: Emma Stone
Mungkin menang: Isabelle Huppert
Seharusnya menang: Emma Stone
Seharusnya masuk nominasi: Amy Adams (Arrival)

  • Aktor Terbaik

Kategori Aktor terbaik diisi oleh lima nominasi, yakni Casey Affleck (Manchester by the Sea), Andrew Garfield (Hacksaw Ridge), Ryan Gosling (La La Land), Viggo Mortensen (Captain Fantastic), Denzel Washington (Fences). Apakah Ryan Gosling akan membawa pulang piala Oscar pertamanya? Mungkin iya, mungkin juga tidak.

Nampaknya, penampilan Casey Affleck dan Denzel Washington lebih jadi sorotan media Barat. Casey Affleck juga jadi aktor yang cukup mendominasi kemenangan untuk kategori ini pada musim penghargaan belakangan. Namun menarik, karena Denzel Washington dalam filmnya, Fences, bisa jadi kuda hitam di sini.

Akan menang: Denzel Washington
Mungkin menang: Casey Affleck
Seharusnya menang: Casey Affleck
Seharusnya masuk nominasi: Andrew Garfield (Silence)

  • Sutradara Terbaik

Siapakah yang akan membawa pulang piala untuk Sutradara Terbaik di Academy Awards kali ini? Para nominasinya adalah Denis Villeneuve (Arrival), Mel Gibson (Hacksaw Ridge), Damien Chazelle (La La Land), Kenneth Lonergan (Manchester by the Sea), Barry Jenkins (Moonlight).

Di antaranya semuanya, Damien Chazelle punya potensi untuk keluar sebagai pemenang. Chazelle pernah memenangkan kategori ini untuk DGA Awards. Dalam data dan historinya, 9 dari 10 pemenang Sutradara Terbaik DGA Awards adalah pemenang Oscar juga.

Lebih dari itu, Damien Chazelle adalah sutradara termuda dalam sejarah Oscar. Keapikannya dalam meramu kisah cinta, realitas hidup, dan musikal Hollywood membuat Chazelle cukup punya alasan untuk memboyong pulang piala tersebut.

Lawan terkuat Chazelle adalah Barry Jenkins dan Kenneth Lonergan. Namun dengan La La Land yang begitu populer, ada momen yang kuat untuk menghantarkan Chazelle ke atas panggung. Sayangnya, Martin Scorsese tidak dinominasikan di sini.

Akan menang: Damien Chazelle
Mungkin menang: Barry Jenkins
Seharusnya menang: Barry Jenkins
Seharusnya masuk nominasi: Martin Scorsese (Silence)

  • Film Berbahasa Asing Terbaik

Menarik, karena kebijakan Trump yang melarang kunjungan ke Amerika Serikat dari 7 negara muslim pada akhir Januari lalu mungkin akan memengaruhi Oscar tahun ini. Land of Mine (Denmark), A Man Called Ove (Swedia), The Salesman (Iran), Tanna (Australia), dan Toni Erdmann (Jerman) adalah nominasinya.

Sutradara The Salesman, Asghar Farhadi, sudah memutuskan untuk tidak hadir dalam perayaan Minggu malam nanti. Begitu juga dengan Taraneh Alidoosti, aktris dalam film ini. Absennya mereka tak lain sebagai bentuk protes dan kekesalan atas kebijakan kontroversial Trump tersebut.

Meski film komedi Toni Erdmann bisa jadi akan memenangkan kategori ini, The Salesman juga punya peluang menarik hati para voters yang setuju dengan aksi protes ini.

Akan menang: The Salesman
Mungkin menang: Toni Erdmann

Jimmy Kimmel

Kejutan Pembawa Acara

Academy Awards ke-89 ini akan dibawakan oleh Jimmy Kimmel yang terkenal sebagai pembawa acara talk show di salah satu TV Amerika. Pemandu acara jadi tolak ukur keseruan Oscar dari tahun ke tahun. Mereka juga jadi salah satu penentu seberapa hit acara ini ditonton dan diperbincangkan di media sosial.

Jimmy Kimmel mungkin saja masih akan membawakan humor politiknya ke panggung Oscar Minggu malam mendatang, apalagi Amerika masih menolak Trump dan kebijakannya hingga saat ini. Meski begitu, Jimmy merasa, bukan humor politik yang akan mendominasi acaranya nanti.

"Kalian tahu sering orang berkata, 'Aku lelah mendengar pembicaraan politik di acara penghargaan.' Ya, tapi aku juga lelah dengan orang-orang yang mengatakan lelah mendengar orang-orang bicara politik di acara penghargaan," kata Jimmy pada The Times dilansir LA Times.

Gedung Putih juga menegaskan, presiden terlalu sibuk untuk menonton, tapi bukan tidak mungkin jika ia akan memberi reaksi terhadap acara tersebut.

Dilansir Cinema Blend, Jimmy mengungkap beberapa persiapannya menuju Oscar. Ia akan memastikan bahwa semua penonton di studio kenyang.

"Tidak ada yang lebih buruk dari tampil di depan audiens yang tidak bahagia. Jadi, aku sangat ingin memberi audiens makanan," kata Jimmy Kimmel kepada The Hollywood Reporter.

Jika mengingat kembali Oscar tahun-tahun sebelumnya, aksi Ellen DeGeneres yang membelikan pizza adalah momen terbaik saat itu. Sadar orang-orang akan menyamakannya dengan aksi Ellen pada tahun 2015 silam, Jimmy punya alasan lain.

"Tapi aku akan memberi makan penonton dengan caraku karena memang mereka harus mendapatkannya. Sedih rasanya 3,5 jam jika mereka tidak punya makanan. Aku pasti akan punya caranya, baik itu akan disorot kamera maupun tidak, aku pastikan mereka dapat makanan," katanya lagi.

Masih teringat jelas momen saat Ellen membawakan Oscar ke-86. Ia membelikan selebriti pizza dan bahkan meminta Lupita Nyong'o dan John Travolta memberi tip untuk kurir pengantarnya. Ellen juga berfoto selfie bersama deretan selebriti kelas A dan menjadikannya foto selfie terheboh tahun itu.

Fakta Menarik dan Mencengangkan

Tentu saja, selalu ada yang seru di balik persiapan Oscar setiap tahunnya, tak terkecuali tahun ini. Dari LA Times, berikut fakta-fakta menarik (bahkan mencengangkan) yang mungkin jadi pertanyaan kamu tentang Oscar 2017.

  • Jimmy Kimmel dibayar US$15 ribu atau sekitar Rp1,9 miliar untuk membawakan acara bergengsi ini.
  • Oscar 2017 akan disiarkan di televisi lebih dari 225 negara dan wilayah di seluruh dunia.
  • Harga iklan 30 detik selama Oscar disiarkan adalah US$2,1 juta atau Rp27,9 miliar. Harga ini 58 persen lebih kecil dari Super Bowl, dilansir WalletHub.
  • Nilai piala Oscar tahun ini dengan emas 24 karat adalah US$696 atau Rp9,2 juta.
  • Karpet merah Oscars tahun ini punya luas 1532 meter persegi dengan biaya US$30 ribu atau Rp399 juta.
  • Wolfgang Puck, koki selebriti Amerika-Australia akan menyajikan 7.500 udang, 150 pounds atau 68 kilogram arugula, dan 2.550 makaroni.
  • Kevin O'Connell, penata suara untuk Hacksaw Ridge untuk ke-21 kalinya masuk nominasi Oscar. Jumlah ini menjadikannya sebagai pemegang rekor tertinggi untuk mereka yang paling sering masuk Oscar tapi tidak pernah menang satu kali pun.

File Not Found