Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 16 Maret 2017 | 05:00 WIB
  • Menuntut Si Perusak Surga Raja Ampat

  • Oleh
    • Harry Siswoyo
Menuntut Si Perusak Surga Raja Ampat
Photo :
  • crossingindonesia.com
Kepulauan Raja Ampat Papua Barat
File Not Found

VIVA.co.id – Sebuah kapal pesiar Inggris berbendera Bahama meluluhlantakkan 1.600 meter persegi gugusan karang Kepulauan Raja Ampat Papua Barat. Usai itu, dengan tenang kapal pengangkut 102 orang turis itu melenggang menuju Filipina.

Kabar ini pun baru meluas setelah dua pekan kejadian. Indonesia pun bereaksi dan berencana untuk menuntut kapal sepanjang 90 meter itu. Kini investigasi dan proses penghitungan kerugian masih dilakukan.

Namun demikian, kini Raja Ampat yang sejak lama dikenal memiliki 75 persen jenis karang di dunia itu telah rusak. Butuh waktu puluhan hingga ratusan tahun lagi agar gugusan karang itu pulih.

Lalai pengawasan
Kepulauan Raja Ampat sudah menjadi destinasi wisata dunia yang populer. Banyak yang menyebut jika kawasan ini ibarat kepingan surga yang terjatuh di langit.

Panorama alamnya yang benar-benar mengagumkan membuat siapa pun pasti memiliki mimpi untuk berkunjung ke gugusan pulau di Kabupaten Raja Ampat Papua Barat tersebut.

Dan salah satu yang paling eksotis adalah bahwa Kepulauan Raja Ampat yang terdiri atas Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo itu memiliki pemandangan bawah laut yang menggiurkan.

Hal ini jugalah yang kemudian menobatkan Raja Ampat sebagai salah satu dari 10 perairan terbaik di dunia untuk penyelaman.

Sunset Raja Ampat Papua.

FOTO: Salah satu sudut kecantikan surga Raja Ampat Papua Barat

Selanjutnya, Luruh karena kelalaian

File Not Found