Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 8 April 2017 | 05:28 WIB
  • Mereka, Orang Asing yang Jatuh Cinta pada Indonesia

  • Oleh
    • Maya Sofia,
    • Ichsan Suhendra
Mereka, Orang Asing yang Jatuh Cinta pada Indonesia
Photo :
  • Ichsan Suhendra/VIVA.co.id
Audun Kvitland Rostad
File Not Found

VIVA.co.id –  “Saya berasal dari Norwegia. Musim panas lalu saya jalan-jalan ke Indonesia selama beberapa pekan. Seketika itu saya jatuh cinta,” ujar Audun Kvitland, pria asal Norwegia di akun YouTube-nya.

Hati Kvitland tertawan pesona Indonesia tatkala berkunjung ke tanah Nusantara pada musim panas tahun lalu. Selama tiga pekan, ia menjelajah berbagai daerah di Indonesia. “Negara dengan alam yang luar biasa, koral warna-warni, masyarakat yang ramah dan murah hati, dan terakhir tak lain adalah makanan yang luar biasa!” ucapnya.

Selain pemandangan alam, Kvitland memang terpikat dengan hidangan khas Indonesia. Nasi Padang, kuliner dari tanah Minang ini dipilih Kvitland saat menghabiskan hari terakhirnya liburan di Indonesia. Hidangan yang terdiri dari nasi beserta lauk khas Minang, seperti rendang, gulai, dan ayam pop tersebut berhasil membuai indra pengecap Kvitland.

Rasa itu masih tertambat meski ia telah kembali ke kampung halamannya di Norwegia. Ia pun membuat lagu yang terinspirasi dari keindahan alam dan juga kuliner Indonesia.

Lagu itu, ia beri judul Nasi Padang. Diunggah pada 4 Oktober 2016, lagu yang ia nyanyikan menjadi viral. Hingga kini, video lagu Nasi Padang telah ditonton hingga 1,9 juta kali.

“Pertama cuma iseng saja. Orang Norwegia juga tidak ada yang tahu. Ternyata malah viral,” kata Kvitland yang mengenakan baju batik saat ditemui di Jakarta, Jumat, 7 April 2017.

Berangkat dari lagu Nasi Padang, nama Kvitland populer di Tanah Air. Pria yang memiliki studio musik di Norwegia ini dikenal masyarakat sebagai bule yang menyanyikan lagu tentang Nasi Padang. Saking viralnya, lagu Nasi Padang pun dijadikan ring back tone (RBT) oleh sejumlah provider telekomunikasi di Indonesia.

Ketenaran lagu Nasi Padang sampai ke telinga Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. Saat mengunjungi Norwegia, Prayitno bertemu dengan Kvitland dan berterima kasih karena sudah menciptakan lagu mengenai kuliner khas Minang tersebut.

Pertemuan keduanya berlanjut pada diundangnya Kvitland ke Indonesia pada pekan ini. Kesempatan ini juga digunakan Kvitland untuk memperkenalkan lagu terbarunya yang lagi-lagi terinspirasi dari Indonesia. Lagu berjudul Komodo Ping-pong lahir setelah pria yang berprofesi sebagai produser musik ini mengunjungi Taman Nasional Komodo.

“Ketika pulang seperti mimpi. Kemudian saya berpikir harus membuat lagu yang bahagia mengenai pulau itu. Saya bermimpi soal komodo yang main ping-pong. Saya catat di handphone, bikin lagu yang bahagia,” tutur pria berjenggot ini.

Meski telah membuat sejumlah lagu tentang Indonesia, Kvitland tak pernah berpikir meniti karier sebagai penyanyi profesional. Baginya, menciptakan lagu yang terinspirasi dari perjalanannya ke luar negeri adalah sesuatu yang menantang.

Saat ini, ia tengah menulis lagu mengenai Sumatera Barat. Lagu tersebut, ujarnya, sudah didengarkan oleh Iwan Prayitno. “Sekarang sedang menulis liriknya,” tutur dia.

Baca selanjutnya...

Dari Chrisye hingga Om Telolet Om

File Not Found