Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 5 Mei 2017 | 06:10 WIB
  • Menyoal Penghimpunan Sedekah ala Cak Budi

  • Oleh
    • Harry Siswoyo,
    • Anwar Sadat,
    • Amal Nur Ngazis
Menyoal Penghimpunan Sedekah ala Cak Budi
Photo :
  • VIVA/Anwar Sadat
Mensos Khofifah Indar Parwansa bersama Budi Utomo alias Cak Budi (kedua dari kanan).
File Not Found

VIVA.co.id – Cak Budi, demikian nama pria mantan sopir truk ini dikenal. Namanya sudah melambung sejak beberapa waktu. Sejumlah stasiun televisi pernah menampilkan sosoknya.

Pria yang bernama resmi Budi Utomo itu bahkan pernah dituliskan dalam sebuah media massa sebagai 'Malaikat Medsos'. Itu berkat kegigihannya menolong kaum papa lewat donasi yang dikumpulkannya di media sosial.

Upayanya memang luar biasa, perjalanannya membantu kaum terpinggirkan bisa dirunut langsung di akun Instagramnya @cakbudi_.

Atas itu maklum jika kemudian ia pernah mendapat penghargaan sebagai 'Netizen Penggerak Perubahan' dari salah satu sebuah lembaga bisnis startup Indonesia.

Makin kukuh lah nama Cak Budi sebagai sosok dermawan yang menjadi perpanjangan tangannya mereka yang hendak membantu sesama.

Tanpa perlu ke panti asuhan, panti jompo atau panti sosial, para dermawan cukup mengirim sejumlah uang ke Cak Budi dan kemudian bantuan mereka tersalur.

Cara mengeceknya cukup menelusuri laman Instagram milik Cak Budi, dan terpampanglah foto orang yang hendak dibantu atau yang memang sudah ditargetkan oleh Cak Budi untuk menerima bantuan.

Cak Budi dan salah seorang penerima donasi

FOTO: Cak Budi dan salah seorang warga penerima donasi yang digalangnya di jejaring sosial/Instagram

Begitu mudah dan sederhana. Dan tentu saja kepercayaan menjadi yang utama. Meyakinkan diri bahwa Cak Budi pasti mendonasikan uang milik donaturnya adalah hal mutlak.

Ibarat sebuah nasihat, bersedekah itu kalau bisa tangan kanan yang memberi, tangan kiri tak boleh tahu. Ya, alhasil semua serba anonim dan cukup Cak Budi yang menjadi figur pengganti orang yang hendak bersedekah.

Atas itu juga Cak Budi lah yang harus 'merepotkan' diri berkeliling ke sudut-sudut kota. Bermodal donasi dari dermawan, pria pemilik nama asli Budi Hutomo ini menjadi bak 'malaikat' yang membawa segepok uang lalu menjadi peringan beban mereka yang kesusahan.

Singkatnya, pria asli Malang ini memang layak disematkan 'Dewa Penolong' bagi mereka yang dilanda kesusahan. Nama Cak Budi harum di media sosial dan seluruh orang yang pernah menerima derma darinya.

Selanjutnya...iPhone 7 dan Fortuner

File Not Found