Berburu yang Murah di IIMS 2017

Pameran IIMS 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Seperti di negara-negara lain, penyelenggaraan pameran otomotif di Indonesia didasari oleh dua hal, yakni ajang pamer teknologi terbaru dan memanfaatkan momen dari banyaknya pengunjung yang datang.

IIMS 2024 Siap Digelar, Pakai Semua Area JIExpo Kemayoran

Para agen pemegang merek atau APM berbondong-bondong turun langsung maupun melalui perwakilan mereka meramaikan ajang pameran, memboyong aneka tata panggung dan deretan produk unggulan, demi bisa mencuri hati masyarakat yang datang.

Tidak ketinggalan hadirnya wanita-wanita cantik nan seksi yang membagikan berbagai macam selebaran berisi aneka promosi dan diskon. Di dekat mereka tampak beberapa orang berpakaian rapi, bahkan tidak sedikit yang memakai jas, memerhatikan gerak-gerik pengunjung.

Daftar Mobil Paling Favorit di Pameran GJAW 2023

Begitu terlihat ada pengunjung yang menatap sebuah produk lebih dari 30 detik, maka mereka akan segera menghampiri untuk membantu menjelaskan spesifikasi lengkap produk tersebut.

Hal ini bisa dilihat di semua pameran otomotif yang digelar di Tanah Air, baik yang berskala kecil maupun besar seperti Indonesia International Motor Show (IIMS). Digelar pertama kali pada 1986 silam, IIMS adalah pameran otomotif yang diprakarsai oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo.

BAF Tebar Promo Menarik! IIMS Jakarta 2023 #CicilAjadiBAF

Kala itu, pameran hanya diramaikan oleh 13 peserta, yang semuanya adalah anggota Gaikindo. Namun seiring waktu, pameran ini berkembang jauh lebih besar dan diikuti oleh puluhan produsen, baik pembuat mobil, motor maupun aksesori.

Dua tahun lalu, Gaikindo memutuskan untuk menyelenggarakan pameran sendiri yang diberi nama Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS. Meski sebagian besar APM masih ikut serta dalam IIMS, namun kebanyakan mereka hadir melalui perwakilan atau diler.

Stan Peugeot Scooters di IIMS 2016.

Stan Garansindo di IIMS 2016 (Foto: Garansindo)

Tahun ini, penyelenggaraan IIMS sedikit berbeda. Meski ada APM yang hadir, namun jumlahnya tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, ada satu nama besar yang absen pada IIMS 2017, yakni Garansindo Group.

Garansindo dikenal sebagai perusahaan pemegang merek beberapa kendaraan mewah, seperti Jeep, Fiat, Ducati, motor Peugeot, dan motor listrik Zero. Bahkan, mereka baru-baru ini mengambil alih hak untuk memasarkan mobil mewah buatan Swedia, yakni Volvo, dari Indomobil Group.

Ketidakhadiran Garansindo tentu membuat kecewa sebagian besar pencinta dunia otomotif. Meski demikian, panitia IIMS ternyata sudah menyiapkan strategi khusus agar warga Jakarta dan sekitarnya mau berkunjung ke JIExpo Kemayoran.

Selanjutnya...produk baru

Tidak berbeda dari penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, IIMS yang digelar tahun ini juga diramaikan dengan kehadiran beberapa produk otomotif baru.

Contohnya PT Honda Prospect Motor (HPM), APM mobil Honda di Indonesia. Setelah mengenalkan varian terbaru dari mobil keluarga andalan mereka di awal tahun ini, yaitu Mobilio, kini Honda kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan All New CR-V.

Mobil yang masuk dalam segmen sport utility vehicle (SUV) ini hadir dengan dua ubahan, yakni pada sektor mesin dan desain. Penggerak generasi kelima CR-V ini memakai mesin 1.500 cc yang dilengkapi dengan turbocharger. Urusan harga, mobil yang tersedia dalam tujuh varian warna ini ditawarkan mulai dari Rp466 juta, dengan status on-the-road (OTR) Jabodetabek.

IIMS 2017 juga dimanfaatkan Mitsubishi untuk mengenalkan produk SUV andalan mereka yang kini berstatus dirakit secara lokal, yaitu Pajero Sport. Isu hadirnya Pajero Sport buatan dalam negeri memang santer terdengar beberapa bulan lalu.

Uniknya, meski sudah produksi lokal, namun harga yang ditawarkan justru lebih mahal dari versi impornya. Nama yang disandang produk baru ini yakni Pajero Sport 4x2 Ultimate. Meski dijual lebih mahal Rp44 juta, namun selama empat hari dipamerkan, mobil ini mampu terjual sebanyak 54 unit.

Mobil lain yang juga banyak mendapat perhatian pengunjung adalah Suzuki Ignis. Urban SUV ini memang diperkenalkan secara resmi beberapa pekan sebelum IIMS 2017 digelar, sehingga banyak yang masih penasaran dengan bentuk serta keunggulannya.

Suzuki Ignis di IIMS 2017

Suzuki Ignis dipamerkan di IIMS 2017 (Foto: VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar)

Beberapa merek mobil lain yang juga memajang produk terbaru mereka yakni Mercedes-Benz, KIA dan TATA Motors.

Tidak hanya mobil, IIMS 2017 juga disemarakkan dengan kehadiran beberapa sepeda motor terbaru. Honda mengenalkan skuter matik terbaru mereka yang bergaya Eropa, SH150i.

Motor ini ditawarkan dengan pilihan warna Pearl Jasmine White, Poseidon Black Metallic dan Candy Luster Red, dengan harga Rp44,9 juta (OTR) Jakarta.

Pesaing Honda, yaitu Yamaha, tidak mau kalah. Pabrikan berlogo garpu tala ini meluncurkan versi terbaru dari motor sport andalan mereka berkapasitas mesin 150 cc, yaitu V-Ixion, seharga Rp26 juta (OTR) Jakarta.

Selanjutnya...perang diskon

Seperti yang telah disebutkan di atas, para APM memanfaatkan banyaknya pengunjung pameran untuk meningkatkan penjualan. Pada selebaran yang dibagikan, tertera potongan harga beserta iming-iming bonus saat konsumen melakukan transaksi pembelian.

Meski produk baru jadi andalan, namun APM tetap berusaha menjaring konsumen yang ingin memiliki kendaraan dengan harga lebih murah. Lagipula, orang Indonesia sudah terbiasa membeli barang dengan harga diskon.

Contohnya generasi terbaru Daihatsu Ayla bermesin 1.200 cc, yang diberi potongan harga Rp3 juta. Angka ini tergolong menggiurkan, mengingat mobil baru biasanya tidak ada diskon.

"Selama pembelian di IIMS, kita juga punya paket kredit dengan cicilan ringan dengan tenor waktu paling lama 96 bulan dan Total Down Payment (TDP) 20 persen," tutur wiraniaga Daihatsu, Anisa.

"Untuk model New Ayla 1.0 D+ cicilan per bulannya Rp1,646 juta, untuk Ayla 1.0 X AT DLX cicilan per bulannya Rp2,099 juta, untuk Ayla 1,2 R MT cicilan per bulannya Rp2,09 juta," ujarnya menambahkan.

Lain halnya dengan Datsun, yang menawarkan DP ringan untuk pembelian Datsun GO+ Panca. "Ada promo kurang lebih Rp10 juta. Jadi, kalau model GO+ Panca total DP aslinya Rp15,9 juta. Selama pameran, cukup bayar Rp5,4 juta,” tutur wiraniaga Datsun, Reza.

Sementara itu, wiraniaga Suzuki bernama Winda menawarkan rabat Rp25 juta untuk mobil SX4 S-Cross. "Tapi, untuk produksi tahun 2016, dan jumlahnya enggak banyak. Pilihan warnanya cuma putih,” ungkapnya.

Selain S-Cross, Karimun Wagon juga mendapat diskon hingga Rp12 juta, Ertiga Bensin Rp23,5 juta dan Ertiga Diesel Hybrid mendapat potongan Rp13 juta.

Honda Mobilio terbaru di IIMS 2017. Ilustrasi

New Honda Mobilio (Foto: VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

Tim penjualan Honda juga memiliki dua paket menarik untuk konsumen. Paket pertama yakni diskon sebesar Rp15 juta untuk pembelian Honda Mobilio terbaru. Sementara, paket kedua yakni cicilan ringan mulai dari Rp1 jutaan.

"Misalnya Mobilio tipe S transmisi manual, harganya Rp189,5 juta. Jika TDP Rp150 jutaan, cicilan per bulan selama lima tahun hanya Rp1,2 juta. Kami juga punya paket bunga nol persen, tapi tenor cicilan hanya tiga tahun," ujar wiraniaga Honda, Agus.

Sekadar informasi, pameran IIMS 2017 akan digelar hingga Minggu 7 Mei esok. Selain pameran produk, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan musik gratis dari musisi kondang Tanah Air, seperti Rif, JKT48, Potret, dan Isyana Saraswati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya