Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 18 Mei 2017 | 04:47 WIB
  • Ramadan Tanpa Gejolak Harga

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Chandra G. Asmara,
    • Shintaloka Pradita Sicca
Ramadan Tanpa Gejolak Harga
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Harga komoditas pangan jelang Ramadan tahun ini masih relatif stabil.
File Not Found

VIVA.co.id – Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok jelang Ramadan dianggap sudah biasa dan terus berulang setiap tahun. Komoditas seperti daging sapi, bawang, hingga cabai menjadi produk yang sering mengalami kenaikan harga.

Kekhawatiran ini sempat muncul lagi menjelang Ramadan tahun ini. Komoditas produk yang sempat harganya tak stabil antara lain minyak goreng dan bawang putih. Tak stabilnya harga komoditas ini karena stok sempat menipis. Dengan permintaan yang banyak, namun stok sedikit membuat harga sempat naik.

Namun, pemerintah sepertinya berkaca dari pengalaman jelang Ramadan tahun lalu. Dibandingkan tahun lalu, antisipasi pemerintah jelang Ramadan tahun ini lebih baik. Koordinasi Kementerian Perdagangan dengan Kementerian Pertanian bisa terjalin.

Kondisi ini terlihat bila sepuluh hari jelang Ramadan, mayoritas harga bahan pokok masih relatif stabil.

"Kalau perencanaan bagus agar supply demand terkontrol harusnya tidak naik. Kalau tahun lalu kan sempat persediaan kecil dibandingkan permintaan. Kayak daging sapi," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR, Daniel Johan, Rabu, 17 Mei 2017.

Agar tak terulang kejadian tahun lalu, pemerintah disarankan menyiapkan regulasi seperti aturan harga bahan pokok. Upaya ini untuk meredam melambungnya harga komoditas bahan pokok seperti kejadian tahun lalu.

Perbandingan persediaan dengan kebutuhan masyarakat di berbagai daerah harus menjadi prioritas. Koordinasi pemerintah dengan pihak terkait seperti Badan Urusan Logistik (Bulog) hingga pemerintah daerah masing-masing mutlak dilakukan.

Sektor produksi dan distribusi harus seimbang untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pangan ini. Selama ini, kata Daniel, produksi tinggi belum tentu menjamin penurunan harga. Salah satu yang menjadi tolak ukur adalah teknis distribusi.

"Jangan diambil kebijakan distribusi di detik terakhir. Makanya model dibuat dari kebijakan sekarang," tutur Daniel.

Dari pemerintah, upaya meredam harga pangan pokok agar tak melambung dilakukan dengan menyediakan stok kebutuhan pangan. Tak hanya Ramadan, namun juga untuk menjamin terkendalinya stok pangan saat hari raya Idul Fitri.

Pengecekan juga sudah dilakukan pemerintah pusat dengan melihat langsung harga di pasar berbagai daerah. Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan, memberikan jaminan harga bahan pokok relatif aman jelang Ramadan tahun ini. Pengecekan ke berbagai daerah dilakukan pemerintah sejak jauh hari.

"Stok pangan terjamin, kita sudah cek hampir 70 persen dari seluruh provinsi," kata Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita di Medan, pekan lalu.

Selanjutnya, Siasat Pemerintah

File Not Found