Demam Despacito Mewabah Sejagat

Daddy Yankee dan Luis Fonsi
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id – Luis Fonsi tak pernah menyangka, kata-kata yang terlintas di benaknya saat ia bangun tidur di pagi hari akan meledak di berbagai belahan dunia. Despacito, seolah jadi kata sakti yang mampu menyihir pendengar musik sejagat.

Viral Tukang Bakso Ludahi Mangkok, Netizen Curiga Buat Penglaris

Despacito lahir secara tak sengaja ketika musisi Spanyol itu bangun dari tidur. Tiba-tiba saja, kata 'Despacito' bermain-main di kepalanya dan terdengar sangat jelas. Fonsi pun meraih ponselnya, mencatat kata itu, kemudian menyempurnakannya menjadi lirik utuh di studionya.

Hanya dalam beberapa jam saja, lagu itu terbentuk 80 persen. Fonsi menambahkan sentuhan gitar Spanyol di awal dengan irama khas Puerto Riko. Nyatanya, lagu ini berhasil memanjakan telinga seluruh dunia.

Viral Tukang Bakso Terekam CCTV Ludahi Mangkok Pembeli

Magnet Despacito

Despacito dibawakan langsung oleh Luis Fonsi bersama rapper Daddy Yankee. Lagu ini dirilis pada 13 Januari 2017 lalu, sementara versi remix yang dinyanyikan Justin Bieber dikeluarkan pertama kali pada 17 April 2017.

RSI Surabaya Akui Salah di Kasus Jenazah Tertukar

Jadi candu di berbagai belahan dunia, Despacito menduduki peringkat teratas tangga musik di 40 negara. Despacito jadi lagu pertama Spanyol yang berada di puncak Billboard Hot 100 sejak Macarena di tahun 1996.

Despacito juga memimpin Billboard Hot 100 tersebut selama sembilan minggu dan menjadi lagu berbahasa Spanyol pertama yang mendominasi waktu pemutaran di radio. Lagu ini pun berhasil menduduki peringkat pertama penjualan digital setelah 10 minggu dirilis.

Selain itu, video klip Despacito kini masuk jajaran teratas YouTube untuk kategori yang paling banyak ditonton. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang Psy dengan Gangnam Style. Kini, Wiz Khalifa dan Charlie Puth berhasil menggesernya dengan perolehan hampir 3 miliar penonton dalam kurun waktu dua tahun.

Sementara Despacito, sudah mencatatkan 2,5 miliar hanya dalam tujuh bulan saja sejak perilisannya, dikutip dari Koreaboo. Dilihat dari jumlah dan waktu yang mereka capai, Despacito diprediksi bisa menjadi pemegang rekor baru dalam beberapa minggu belakang.

Lagu ini semakin digilai setelah muncul versi remix berbahasa Inggris yang dibawakan Justin Bieber. Masuknya Bieber dalam proyek ini semakin melejitkan kesuksesan Despacito dan memperluas jangkauan pendengarnya.

Sebenarnya, apa arti Despacito dan makna lagu ini? Dilansir The Sun, Despacito dalam Bahasa Inggris berarti Slowly yang berarti Pelan-pelan. Secara keseluruhan, lagu Despacito ini menceritakan ketertarikan seorang pria pada wanita.

Liriknya berisi rayuan-rayuan panas yang sensual. Tak hanya itu, lagu ini berisi berbagai pujian si pria terhadap setiap detail sentuhan dari wanitanya. Despacito tanpa diragukan lagi merupakan lagu dengan lirik dewasa. Namun, bagi mereka yang tak mengerti Bahasa Spanyol, bukan liriknya yang jadi magnet lagu ini. Despacito dianggap punya irama yang asyik didengar.

Lirik yang paling dihafal pendengar tentu hanya pada kata Despacito dengan bagian ujungnya yang bervokal O. Meski tak pernah benar-benar melafalkan liriknya, lagu ini berhasil mengundang orang untuk ikut bergoyang.

Selanjutnya Candu Despacito

Candu Despacito

Meluasnya demam Despacito, termasuk di Indonesia, memunculkan banyak video-video lucu tentang Despacito ini. Dari video cover yang keren hingga parodi dan reaksi yang mengundang tawa.

Beberapa waktu lalu, seorang pengamen asal Depok, Jawa Barat jadi trending YouTube Indonesia setelah seorang pengguna menyebarluaskan videonya membawakan lagu Despacito. Dengan suaranya yang agak serak, video ini mendapat banyak pujian dan jadi viral.

Tak hanya dia, lagu Despacito sudah dinyanyikan ulang dengan beragam gaya dan irama yang tak kalah asyik dari versi aslinya. Tentu saja, video parodi punya tempat tertentu di kalangan pencinta lagu ini.

Dari Indonesia saja, video parodi Despacito sudah muncul beragam. Ada yang membuatnya dalam versi Bahasa Jawa, ada juga yang mengganti judul dan liriknya jadi Deposito. Dari jagat sepakbola, lagu ini bahkan diubah dengan nama-nama para pemainnya, seperti Demba Ba, Diego Costa, Samuel Eto'o, Jose Antonio Reyes, Diego Costa disatukan sedemikian rupa hingga membentuk lirik lagu ini.

Dengan genre campuran pop, latin, dan reggae, lagu ini memang sangat catchy di telinga. Liriknya yang sulit tak menyurutkan banyak orang untuk mendendangkan lagu ini. Dinyanyikan asal-asalan, justru jadi suguhan tersendiri yang menghibur.

Tak sedikit yang kemudian gemas (dalam makna positif tentunya) kemudian mengunggah video mereka yang kesulitan namun tetap gatal untuk menyanyikan lagu ini. Hasilnya pun lucu dan barangkali Anda sendiri juga melakukan hal yang sama saat mendengar lagu yang satu ini. Berikut beberapa reaksi lucu dari netizen saat Despacito diputar.

Asal-asalan

Seperti yang diunggah oleh pemilik akun Instagram @aaron_crascall misalnya. Ia mengunggah video parodi dirinya menyanyikan lagu Despacito secara asal-asalan tetapi dengan rasa percaya diri.

 

When You Hate A Song But The It Hits You!! ???? ((Bieber & Spanish NAILED)) ????

A post shared by Arron Crascall (@arron_crascall) on

Ia menyanyikan lagu tersebut dengan suara lantang, namun dengan lirik yang asal-mirip-dengan-yang-terdengar. Tak heran, tingkah lakunya banyak menarik perhatian orang-orang di sekelilingnya saat itu. Videonya pun juga viral di dunia maya.

Kakak beradik yang menggemaskan

Tak hanya Aaron Rascall, kakak beradik Niana Guerrero dan Ranz Kyle juga melakukan hal yang sama. Duo cilik yang juga dikenal sebagai YouTuber ini mengunggah video kocak terkait lagu Despacito, yaitu keinginan sang adik, Niana, yang tidak tahan untuk tidak berjoget saat mendengarkan lagu tersebut.

Dihantui

Seorang netizen bahkan membuat video reaksi yang tak kalah mengocok perut. Ia seperti dihantui dengan lagu ini. Bagaimana tidak, Despacito selalu diputar di mana-mana.

"It's a good song - but after 1000 times...," tulisnya.

Menyatukan perselisihan

Rupanya ada pesan baik dalam video netizen berikut ini. Diceritakan, saat mendengarkan lagu Despacito di lirik awal, tiga sahabat sedang saling silang pendapat di dalam mobil. Namun, ketika bagian bridge terdengar, mereka kompak menyanyikan lirik tersebut.

Apa Anda termasuk yang terkena demam Despacito ini?

(ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya