Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 13 Juli 2017 | 06:04 WIB
  • Ambisi Wuling Robohkan Digdaya Avanza-Xenia

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Ambisi Wuling Robohkan Digdaya Avanza-Xenia
Photo :
  • Thenewswheel.com
Wuling Hongguang.
File Not Found

VIVA.co.id – Persaingan mobil keluarga di Tanah Air, nampaknya bakal semakin sengit. Sejumlah jenama terus bermanuver memunculkan produk baru, demi mengambil hati publik di Tanah Air. Apabila dahulu merek Toyota-Daihatsu langgeng berada di puncak kekuasaan dengan Avanza-Xenia-nya, kini beberapa jenama mulai merangsek berusaha membuat goyah kedigdayaan keduanya.

Di antaranya, Mitsubishi dengan produk Expander yang bakal diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Agustus mendatang. Selain itu, Nissan yang selama ini mengandalkan Livina di segmen Low Multi Purpose Vehicle, juga punya niatan sama ingin menggebuk produk Avanza-Xenia di pasaran dengan mobil keluarga terbaru berplatform Expander. 

Ambisi besar yang paling banyak disoroti publik belakangan adalah turut datangnya pendatang baru asal China, Wuling. Melalui PT SAIC General Motors Wuling (SGMW), Wuling nampak jorjoran ingin mengambil alih pasar MPV, yang selama ini identik dengan produk-produk Jepang. Tak cuma sekadar Avanza-Xenia, produk Wuling juga diciptakan untuk menyaingi beberapa mobil keluarga lain seperti Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

Untuk menabuh "genderang perang", Wuling kemudian memberi guyuran investasi mencapai US$700 juta, atau lebih dari Rp9 triliun untuk membangun markas --pabrik-- seluas 60 hektare di Greenland International Industrial Centre (GIIC) Cikarang, Jawa Barat. Hanya butuh waktu dua tahun, akhirnya Selasa kemarin, 11 Juli 2017, pabrik tersebut diresmikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan siap beroperasi.

Pabrik Wuling di Cikarang.

Untuk diketahui, dalam setahun pabrik itu dapat memproduksi sebanyak 120 ribu unit. Mereka saat ini memiliki pekerja sejumlah 3.000 orang. Pabrik megah Wuling juga tergolong lengkap, karena memiliki empat fasilitas produksi, yang dilengkapi peralatan standar global, yakni Press Shop, Body Shop, Paint Shop, dan General Assembly.

"Pabrik Wuling Motors di Indonesia, bahkan sudah mengaplikasikan teknologi General Motors, GMS (Global Manufacturing System), yang digunakan oleh pabrikan GM di Amerika. Teknologi GMS bakal menekankan pentingnya keterlibatan individu, pencapaian kualitas terbaik pada tiap proses," kata Presiden PT SGMW Motor Indonesia, Xu Feiyun.

Pabrik Wuling di Indonesia.

Produk perdana yang akan lahir dari pabrik itu adalah Wuling Confero S. Belakangan Confero S sudah dipamerkan ke publik. Namun, mobil digadang-gadang berharga terjangkau itu baru secara resmi diluncurkan di pameran otomotif GIIAS 2017 mendatang.

Selanjutnya >>> Apresiasi positif

File Not Found