Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 00:10 WIB
  • Menguak Tren Kecantikan Pria Metroseksual

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Adinda Permatasari,
    • Linda Hasibuan
Menguak Tren Kecantikan Pria Metroseksual
Photo :
  • Pixabay/CC0 Public Domain
Ilustrasi pria
File Not Found

VIVA.co.id – Tampilan rapi dengan kemeja super halus, aroma tubuh wangi, wajah mulus, dan tatanan rambut trendi, inilah sebagian gambaran pria-pria pesolek yang menjadi tampak berbeda dari pria-pria kebanyakan.

Tak hanya itu saja, kini pria pria sudah tak ragu lagi menggunakan make-up dalam keseharian mereka.

Jika Anda membuka YouTube dengan kata kunci 'Tutorial Make-up Pria Sehari-hari', Anda akan menemukan sederet pilihan tutorial make-up bagi pria. Mulai dari make-up sederhana hingga make-up pesta.

Dahulu, pria yang rutin memakai make-up setiap hari akan dianggap aneh. Namun, kini berbeda. Blogger kecantikan pun kini tidak hanya wanita tapi juga pria, misalnya seperti James Charles dan Manny Gutierrez. Bahkan Giorgio Armani mengeluarkan lini kecantikan Him and Her.

Pria yang sangat memperhatikan penampilannya disebut metroseksual. Tren metroseksual sudah mulai muncul lima tahun belakangan, ini sejalan dengan kecenderungan mereka untuk lebih memperhatikan perawatan dan penampilan tubuh.

Tren ini booming sejak salah satu majalah fashion di Inggris menobatkan David Beckham sebagai trendsetter pria metroseksual.

Mantan kapten kesebelasan nasional Inggris ini memang banyak diulas oleh media. Ia juga disebut-sebut sebagai simbol lelaki berpenampilan feminin yang banyak menarik perhatian.

Sebagai atlet, yang identik dengan otot dan keringat, gaya Beckham memang berbeda. Mereka telaten merawat tubuhnya dan bergaya dengan rambutnya.

Tak hanya itu, para pria metroseksual ini menggunakan krim kecantikan khusus dan pakaian merek butik ternama.

Metroseksual dipelopori selebriti dunia

Tak hanya David Beckham, tren metroseksual ini juga dipelopori oleh selebriti Korea Selatan, para K-Pop, dan beberapa band musik punk, yang mengunakan make-up saat tampil di panggung atau dalam keseharian.

Menurut Andrew Parker, guru besar sosiologi Warwick University, tren metroseksual mengubah perilaku yang selama ini dianut banyak lelaki di dunia.

"Mereka menantang pemahaman banyak orang tentang kejantanan," ujar Parker seperti dikutip The Age.com.

Misalnya, tentang pakaian dan perhiasan seperti apa yang pantas dikenakan oleh seorang pria. Menjaga penampilan, merawat tubuh, termasuk mendandani tubuh dengan perhiasan dan kosmetik, sebenarnya bukan gaya baru.

Tren kaum berduit yang semakin berkibar dengan munculnya Beckham dan beberapa selebriti dunia, menurut Simpson, pada awalnya banyak dianut kaum gay. Belakangan, kegemaran 'berdandan' dan merawat tubuh itu banyak dianut dengan alasan kesehatan dan tuntutan profesi.

Di Indonesia sendiri tren ini sudah terlihat, Aldo Akira salah satu Make-up Artis ternama mengatakan demikian. Menurutnya saat ini banyak kaum pria yang 'melek make-up'.

"Saya banyak memiliki klien make-up pria mulai dari pejabat, pengusaha, artis, umumnya mereka semua mau dirias biasanya untuk keperluan khusus," ujar Aldo.

Tak hanya itu, selebriti Indonesia pria juga banyak yang melek make-up, misalnya dalam akun instagramnya @Aldoakira yang banyak dari kalangan selebrtiti pria.

"Beberapa selebriti Tanah Air banyak yang melakukan make-up tatto seperti sulam alis, sulam bibir dan itu sah-sah saja asal pede dan dilakukan di tempat yang bermutu dan terpercaya," ujarnya

Selain itu, ia menambahkan bahwa banyak yang sudah mengerti tentang make-up dan kebersihan diri sehingga mereka nyaman dengan sebutan metroseksual.

Selanjutnya (Alasan pria datang ke klinik kecantikan)

File Not Found