Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 20 Juli 2017 | 06:18 WIB
  • Sepeda Motor Semakin Tidak Laku

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Yunisa Herawati,
    • Dian Tami
Sepeda Motor Semakin Tidak Laku
Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Kawasaki di Indonesia Motorcycle Show 2014
File Not Found

VIVA.co.id – Setiap tahun, tidak kurang dari lima juta sepeda motor di Indonesia beralih tangan dari produsen ke konsumen. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan kendaraan beroda empat, yang setiap tahunnya ada di kisaran angka satu juta unit.

Namun, berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, transaksi jual beli kendaraan roda dua di Tanah Air mengalami penurunan setiap tahunnya.

Jika pada 2015 lalu sepeda motor bisa laku sebanyak 6,48 juta unit, maka pada tahun selanjutnya turun menjadi 5,9 juta unit. Dibandingkan dengan tahun ini, jumlah motor yang terjual pada Januari-Juni 2016 adalah sebanyak 2,9 juta unit. Sementara, di periode yang sama tahun ini angkanya hanya tercatat sebesar 2,7 juta unit.

Padahal pada periode yang sama dua tahun lalu, penjualan motor secara nasional mencapai lebih dari 3,1 juta unit. Artinya, ada penurunan sekitar 200 ribu unit setiap tahunnya.

Salah satu penyebab terpuruknya penjualan motor adalah karena makin terjangkaunya harga mobil. Saat ini, mobil jenis low cost green car bisa dimiliki dengan dana kurang lebih Rp100 jutaan.

Bahkan menurut Datsun, sebagian besar pembeli mobil mereka merupakan orang-orang yang tadinya mengendarai motor untuk beraktivitas sehari-hari.

“70 Persen konsumen mobil Datsun merupakan perpindahan dari pemilik sepeda motor,” ujar Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja, beberapa waktu lalu.

Datsun GO Panca+ di ajang IIMS 2017.

Datsun GO+ (Foto: VIVA.co.id/Pius Mali)

Menurut penelusuran VIVA.co.id di data penjualan mobil yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan mobil memang cenderung meningkat.

Dilihat secara periode Januari-Juni, penjualan mobil pada 2015 adalah sebanyak 525 ribuan unit. Angka itu naik menjadi 532 ribuan unit pada tahun selanjutnya, dan kembali naik menjadi 534 ribuan unit di 2017.

Meski kenaikan penjualan mobil tidak sebesar penurunan penjualan motor, namun hal ini bisa menjadi salah satu indikasi mulai jenuhnya pasar sepeda motor di Tanah Air.

Selanjutnya.. Terpuruk saat libur lebaran

File Not Found