Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 15 Agustus 2017 | 06:28 WIB
  • Ketagihan Dihantui Film Horor

  • Oleh
    • Zahrotustianah,
    • Danar Dono
Ketagihan Dihantui Film Horor
Photo :
  • facebook.com/TheConjuringUK
Film The Conjuring
File Not Found

VIVA.co.id – Matanya bulat, besar, dengan lingkaran hitam di sekitarnya begitu mengintimidasi siapa pun yang menatapnya. Bibirnya yang gelap membuatnya makin mengerikan. Gaun lusuh dan kepang dua pada rambut pirangnya menegaskan, dia berasal dari masa lalu yang kelam.

Dia bukan manusia, melainkan sosok boneka horor ikonik, Annabelle namanya. Diperkenalkan lewat film The Conjuring, gadis kecil itu kembali menghantui bioskop dunia dengan Annabelle: Creation. Film yang disutradarai David F Sanberg itu adalah prekuel dari film Annabelle sebelumnya.

Dirilis pada 11 Agustus kemarin, seri kedua Annabelle tersebut rupanya sudah menyedot banyak penonton. Film spin-off dari Conjuring ini, dikutip Box Office Mojo, Senin 14 Agustus 2017, diperkirakan sudah meraup keuntungan US$35 juta dari 39 pasar di luar negeri, beberapa di antaranya yakni Korea Selatan, Prancis, UK, Rusia, dan Australia. Film ini otomatis langsung meringsek ke posisi teratas box office Amerika Serikat.

Rupanya, jumlah pendapatan tersebut terbilang sangat memuaskan bagi Warner Bros sebagai studio. Dikutip dari USA Today, Annabelle: Creation hanya berbujet US$15 juta saja. Kesuksesan di pekan debut, juga pernah dialami film pertamanya, Annabelle pada tahun 2014 dengan kocek US$37 juta.

Kesuksesan Annabelle sendiri sebenarnya tak lepas dari The Conjuring, film induknya. Annabelle merupakan salah satu karakter seram dalam film yang disutradarai pakar horor James Wan. Dua film Conjuring sendiri sangat sukses. Dengan bujet US$20 juta, film ini berhasil meraup US$137 juta di dalam domestik saja, sementara sekuelnya dengan bujet US$40 juta sukses dengan pendapatan US$102 juta.

James Wan, mengaku tak pernah menyangka Conjuring bisa menjadi dunia horor yang begitu disukai penonton. Meski begitu, ia sudah tahu banyak kisah menarik tentang Warrens, paranormal utama dalam Conjuring, yang bisa diceritakan pada penikmat film horor sedunia.

"Ketika kami membuat Conjuring pertama, kami selalu bercanda dan merasa bahwa segala hal tentang Warrens dan apa yang ada di ruangan 'buruan' (hantu) mereka bisa punya kisah masing-masing dan layak difilmkan, tapi kami tidak pernah menyangka mimpi liar itu bisa benar-benar terwujud," ujar James Wan pada Entertainment Weekly.

James Wan memang tidak terlibat langsung dalam penggarapan film Annabelle: Creation. Namun, Wan dan New Line Cinema yang mempercayakan kisah asal mula Annabelle itu kepada David F Sandberg, sutradara yang melakukan debutnya pada Lights Out.

Tentu saja bukan tanpa alasan. Film debut Sandberg tersebut hanya bermodal US$4,9 juta saja pada tahun 2016 lalu. Namun, keuntungan yang didapat mencapai US$67 juta dan melambungkan namanya sebagai salah satu sutradara film horor yang layak diperhitungkan.

James Wan, kepada The Hollywood Reporter, menjelaskan, dunia Conjuring, meski di tangan sutradara yang berbeda, akan punya gaya visual yang sama. Itulah yang membuat film-filmnya punya keterkaitan satu sama lain yang sudah familiar di kalangan penonton.

"Estetikanya yang saya rasa sudah saya atur dengan jelas. Saya sangat ingin menjaga (filmnya) bernuansa klasik dan gaya bercerita yang kuno untuk semua film-film ini. Itulah film horor yang saya suka dan saya harus memastikan bahwa film-film dalam dunia Conjuring seolah datang dari tempat yang sama," tegasnya.

The Conjuring

File Not Found