Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 18 Agustus 2017 | 04:55 WIB
  • Reuni SBY dan Megawati di Istana, Akankah Berlanjut?

  • Oleh
    • Dedy Priatmojo,
    • Irwandi Arsyad,
    • Agus Rahmat
Reuni SBY dan Megawati di Istana, Akankah Berlanjut?
Photo :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri (kanan) bersama Habibie dan SBY
File Not Found

VIVA.co.id – Upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 17 Agustus 2017, memang terkesan istimewa. Para pejabat negara dan tamu undangan yang hadir, kompak mengenakan pakaian adat nusantara. Semarak warna-warni khas nusantara serasa hadir di halaman pusat pemerintahan negeri ini.

Tapi, bukan sebab itu saja peringatan HUT ke-72 RI di Istana ini istimewa. Kehadiran Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono, juga membuat acara tahunan ini makin lengkap. Tak pelak, kehadiran SBY dan istrinya, Ani Yudhoyono menjadi perhatian ratusan pasang mata yang hadir saat itu.

Ya, ini adalah kehadiran perdana SBY di Istana untuk acara peringatan HUT RI, sejak Joko Widodo memimpin republik ini. Dua tahun sebelumnya, usai tak lagi menjabat Presiden, SBY dua kali absen di acara penting kenegaraan ini.

Kehadiran SBY pada upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara ini memang telah dikonfirmasi sebelumnya oleh Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Imelda Sari. Ia memastikan SBY akan hadir bersama istrinya, Ani Yudhoyono, memenuhi undangan Presiden RI Joko Widodo.

Setibanya di Istana Merdeka, SBY yang mengenakan pakaian adat Palembang dan Ani Yudhoyono yang berkebaya merah ini, mengumbar senyuman ke arah awak media. Keduanya menyalami beberapa orang perangkat Istana yang ada di sekitarnya.

"Selamat hari kemerdekaan ya. Dirgahayu Indonesia. Semoga pers makin maju," kata SBY menyapa wartawan di Istana Merdeka, Kamis, 17 Agustus 2017.

Kedatangan SBY disambut oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Politikus PDIP ini bersyukur semua tokoh yang pernah menjabat Presiden bisa hadir di acara peringatan HUT ke-72 RI ini. Kedua putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono juga turut hadir dalam kesempatan ini. "Alhamdulillah, hadir semua," kata Pramono.

Tak lama setelah kedatangan SBY, hanya berselang beberapa menit, giliran Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, tiba di Istana Merdeka. Megawati yang mengenakan kebaya warna cokelat itu, didampingi putrinya, yang juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Dengan kedatangan Megawati, maka semua tokoh yang pernah menjabat Presiden RI hadir di Istana Merdeka. Sebelumnya hadir pula Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie, istri Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid, Shinta Nuriah Abdurrahman Wahid, kemudian Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono, dan tentunya Presiden ketujuh RI, Joko Widodo.

Selanjutnya, Pertemuan dengan Megawati

File Not Found