Warkop DKI Reborn Part 2 Sukses Lagi?

Para pemain Warkop DKI Reborn Part 2.
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Film genre komedi Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2, ingin kembali mendulang kesuksesan. Setelah pada sekuel pertama yang berhasil mencatat rekor di industri perfilman nasional dengan menembus 6,8 juta penonton, kini Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 2 pun mencoba melanjutkan rekor yang dicapainya.

Warkop DKI Reborn Part 2 Sudah Ditonton 3,2 Juta Orang

Pada hari pertama penayangannya Warkop DKI Reborn Part 2, sukses meraih 300 ribu penonton. Ini mengalahkan film pertamanya, Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 1, sebanyak 270 ribu penonton.

Kesuksesan pun berlanjut di hari kedua penayangan, film yang mengambil syuting di Negeri Jiran, Malaysia ini berhasil menembus satu juta penonton. Dan, sampai hari kelima, film yang dibintangi Abimana Aryasatya, Tora Sudiro, dan Vino G Bastian sudah ditonton dua juta lebih penonton.

Pesan Bintang Warkop DKI Reborn kepada Penggemar

"Alhamdulillah di hari kelima kemarin, kita mendapatkan jumlah penonton sebanyak 2.055.000 orang," ujar Indro Warkop di kawasan Semanggi, Jakarta Pusat, Selasa 5 September 2017.

Ketika ditanya perbandingan perolehan jumlah penonton kali ini dengan film pertamanya, 'Warkop DKI Reborn; Jangkrik Boss! Part 1', Indro mengatakan, capaian penonton di sekuel film ini lebih besar, meskipun dalam hitungan hari yang sama sejak pertama kali tayang.

Penampakan Jet Pribadi Pemeran Warkop DKI Reborn

"Dibanding yang part 1, tentu ada peningkatan. Karena, waktu film pertama itu kemarin penontonnya hanya mencapai 2.010.000 penonton dalam waktu lima hari. Jadi ada kelebihan sekitar 45 ribu penonton lebih banyak lah di part 2 ini," kata Indro.

Ketika ditanya apakah pencapaian jumlah penonton ini merupakan dampak dari promosi militan yang dilakukan pihak Falcon beserta seluruh tim produksi, serta para pemain film, Indro pun mengakui hal tersebut.

Apalagi, pola promosi yang dilakukan untuk mempublikasikan film ini pun diakui oleh satu-satunya personil asli warkop itu, memang termasuk unik dan di luar cara-cara promosi film yang sudah ada pada umumnya.

"Ya, jadi (promosi) kita memang agak beda dengan yang lalu. Kita melakukan promo yang di luar mainstream. Bahkan, sampai pernah kemarin, ada satu hari di mana kita mendatangi lima kota dengan pesawat pribadi, seperti misalnya ke Makassar, Surabaya, Solo, Semarang, dan Yogya," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh pemeran Kasino, Vino G Bastian. "Alhamdulillah. Yang pasti bersyukur banget. Ini kerja kolektif dari semua tim yang ada di Warkop DKI Reborn. Terima kasih dan hormat setinggi-tingginya untuk kepercayaan penonton untuk Film Indonesia, khususnya Warkop DKI Reborn," ujarnya.

Di hari pertama, Warkop DKI Reborn Part 2 mendapat tempat di 500 layar. Melihat antusiasme yang tinggi, kini banyak bioskop memberikan lebih banyak layar lagi untuk film ini. Cinema 21 Pondok Gede dan Tasik, misalnya. Seluruh studio di bioskop tersebut diberikan untuk Warkop DKI Reborn Part 2.

Berikutnya, penonton berjubel>>>

Penonton berjubel

Lewat akun Instagram rumah produksi Falcon Pictures, terlihat kerumunan para calon penonton yang mengantre ingin menyaksikan film Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 2.

Postingan yang paling terlihat jelas adalah saat penonton ingin melihat film durasi hampir dua jam itu di bioskop XXI Daan Mogot, Jakarta Barat.

"Daan Mogot, siap2 nonton Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss Part 2 #warkopdkireborn #nontonsekampung," tulis Falcon Pictures.

Ribuan netizen pun berkomentar banyak soal film itu. Mereka menilai sekuel Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss ini lebih lucu. "Aku sudah nonton filmnya lucu banget," ujar salah satu penonton.

Tak hanya di Daan Mogot, kerumunan dari antrean calon penonton di bioskop Grand Indonesia,  Mall Bekasi, Arion Rawamangun, Seasons City, Cileungsi, Blok M, dan masih banyak bioskop lainnya.

"Sebuah hari yang indah untuk industri film Indonesia. Terima Kasih @vinogbastian__ @t_orasudi_ro @abimana_arya @indrowarkop_asli #warkopdkireborn #nontonsekampung," tulis lagi Falcon Pictures.

Sebelum tayang di bioskop pun antusiasme penggemar di lima kota, yakni Makassar, Surabaya, Solo, Semarang, dan Yogyakarta sangat meriah. Lima kota itu adalah perjalanan promosi tur lima kota yang dijalani para bintang Warkop DKI Reborn.

"Luar biasa, belum tayang saja mereka sudah senang dan antusias sekali dengan kehadiran Warkop DKI Reborn," ucap Tora saat itu.

penonton Warkop DKI Reborn Part 2

Masyarakat Rindu Warkop DKI

Kesuksesan film sekuel 'Warkop DKI Reborn; Jangkrik Boss! Part 2' yang berhasil menggaet 2.055.000 pasang mata dalam lima hari penayangannya, diakui oleh Indro, sebagai rasa sayang yang tulus dari para penontonnya.

Aktor senior itu mengakui, ada hal-hal yang turut dinilai pihaknya sebagai faktor pendukung dari pencapaian tersebut, seperti misalnya kerinduan masyarakat akan Warkop DKI sebagaimana yang biasa mereka saksikan puluhan tahun lalu.

"Yang membuat laris mungkin adalah karena adanya data survei yang menunjukkan bahwa 85 persen orang merindukan Warkop DKI. Di samping kepercayaan orang kepada tiga teman-teman ini (Vino, Abimana, Tora), karena mereka dianggap bisa melestarikan dan membawakan karakter Warkop DKI. Itu kalau menurut saya ya,"  ujar Indro di kawasan Semanggi, Jakarta Pusat, Selasa 5 September 2017.

Ketika ditanya seberapa besar pengaruh hashtag #nontonsekampung, #warkopdkireborn dan #jangkrikbosspart2 terhadap membludaknya jumlah penonton di hari-hari awal pemutaran film tersebut, komedian senior berkepala plontos itu mengakui jika hastag itu bisa mendompleng 60 persen dari aspek kesuksesan film ini

"Saya pikir banyak sekali ya (dampaknya). Karena kita kan udah terjadwal nih mau (promo) kemana-mananya, tapi itu aja masih banyak yang ngajakin saya dan teman-teman untuk nobar. Berarti kan itu istilahnya benar-benar nonton sekampung kan. Jadi kalau saya lihat dampak dari hashtag #nontonsekampung itu punya andil sekitar 60 persen lah untuk kesuksesan film ini," kata Indro.

Warkop DKI Reborn Part 2

Selanjutnya, Indro optimis>>>

Indro Warkop Optimis

Komedian senior yang masih membintangi Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 2, Indro Warkop optimistis sekuel lanjutan itu akan meraih sukses yang fantastis. Film Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 2 dinilai lebih lucu dan membuat orang tertawa.

"Saya selalu optimis ya, dengan apapun untuk Warkop DKI ini. Saya optimis banget ada beberapa editannya yang lebih keren. Lucu dan pasti bikin ketawa," ucap Indro.

Soal bakal ada tambahan penonton yang akan menyaksikan Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 2, Indro pun yakin bisa mengalahkan sekuel pertama.

"Hari pertama sudah mengalahkan sekuel yang pertama. Yakni, 300 ribu penonton. Lalu, hampir masuk lima hari sudah dua juta penonton. Semoga nambah lagi," ucap Indro yang tak ingin sesumbar menyebut angka.

Meski demikian, Indro tak bisa memungkiri bahwa kesuksesan Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 2 lebih menjadi beban untuknya. Indro berterimakasih akan bentuk perhatian penonton di Tanah Air akan film Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 2.

"Jadi, beban pastinya. Ketika ini menjadi penyedot penonton terbanyak sepanjang masa itu kan ibaratnya film komedian jadi punya tempat terhormat yang tinggi. Sudah pasti sangat beban, kita harus lebih baik lagi," seloroh Indro.

Film Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 2 serta sekuel pertama adalah penggabungan empat film Warkop DKI yang sukses di zamannya. Film yang sukses itu adalah CHIPS, Setan Kredit, IQ Jongkok dan GR (Gede Rasa).

"Warkop reborn part 2, ini sebetulnya empat film warkop yang lama, chips, iq jongkok, setan kredit, gede rasa. Saya hanya minta pemainnya aktor, saya ingin lestarikan karakternya bukan menggantikan ya. Saya yakin, karakter mereka bisa membuat banyak orang terhibur," ucap Indro.

Ketika ditanya apakah pencapaian dua juta lebih penonton saat ini sudah mampu menutup biaya produksi serta promosi film yang dinilai cukup jor-joran tersebut, aktor senior berkepala plontos itu mengaku meskipun sudah break event point (BEP), namun total keuntungan pihaknya dari film ini masih dikatakan wajar saja.

Oleh karenanya, Indro beserta semua pemain film 'Warkop DKI Reborn; Jangkrik Boss! Part 2' pun mengaku akan terus mempromosikan film ini, agar bisa memberikan pendapatan yang lebih besar lagi kepada Falcon Pictures selaku rumah produksi.

"Jadi gini, kalau bahasa ekonominya, saat ini masih normal profit, yang belum bisa dinyatakan seimbang dengan biaya produksi dan biaya marketing. BEP lewat dikit lah, dikit banget. Makanya, saya bilang normal profit. Kalau dalam ekonomi sih, belum bisa dikatakan sebagai keuntungan yang benar. Makanya, promonya bakal terus, sampai selesai mungkin," ujarnya.

Tak hanya Indro, Tora Sudiro pun turut yakin akan kesuksesan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2. Ia optimistis sekuel film komedi yang dibintanginya tersebut akan meraih kesuksesan lagi. Tora pun yakin film berdurasi hampir dua jam itu akan ditonton 12 juta penonton.

"Dua kali ya. (Sebelumnya 6,8 juta penonton). Ya 12 juta lah," ucap Tora optimis.

Tak hanya itu film Warkop DKI Reborn akan berlanjut dengan sekuel-sekuelnya yang lain.

"Semoga nanti ada yang ketiga, keempat seterusnya.Amin," ucap Tora.

Tora sendiri baru saja melakoni tur lima kotanya bersama pemain Warkop DKI Reborn lainnya, Vino G. Bastian, Abimana, dan Indro Warkop. Di setiap kota Tora mengajak para penggemar film Warkop bisa menyaksikan film komedi tersebut.

"Harapan saya semua bisa nonton. Ini film lucu dan menghibur,' ucap Tora. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya