Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 06:29 WIB
  • Tak Kuasa Melawan Terjangan 'Monster' Irma

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Tak Kuasa Melawan Terjangan 'Monster' Irma
Photo :
  • REUTERS/Stephen Yang
Badai Irma saat menerjang Florida AS
File Not Found

VIVA.co.id – Badai Irma menghantam Florida. Termasuk badai paling kuat di Amerika Serikat, Irma menghempas air laut, mengirimnya dengan kecepatan super lalu merendam daratan.

Hujan lebat dan angin mahakencang menandai masuknya Irma. Bangunan roboh dalam sekejap, mobil-mobil terlempar dan tiang-tiang jalan terpental ke sana ke mari. Kerusakan parah terjadi di mana-mana.
  
Badai Irma yang merupakan badai Atlantik sebagaimana yang diprediksi, memporak-porandakan wilayah Florida dengan kekuatan skala 4 pada Minggu, 10 September 2017. Skala itu termasuk kategori paling berbahaya. Namun intensitas dan hantaman ganas Irma saat masuk ke Florida perlahan menurun pada hari yang sama.
 
Pada Minggu malam, kekuatan Irma melemah hingga turun ke skala 2 dengan kecepatan angin 105 mil per jam sebagaimana dilansir Reuters. Pascahantaman badai dahsyat tersebut, lebih dari 4 juta rumah dan gedung perkantoran di Florida kini tak bisa dialiri listrik. Aktivitas di negara bagian tersebut otomatis lumpuh.
 
Diketahui bahwa sebelumnya lebih dari 3 juta warga setempat sudah meninggalkan Florida baik melalui jalur darat maupun bandar udara sebelum layanan ditutup sehari sebelum hantaman badai.
 
Sementara ribuan warga yang masih berada di Florida disebutkan berada di tempat-tempat aman sebagaimana diimbau oleh pemerintah setempat. Tak sedikit warga yang berada di shelter, penampungan aman bagi para korban Irma yang dibuka di berbagai wilayah Florida.
 
Sehari sebelum hantaman badai, Gubernur Florida, Rick Scott, memberi peringatan situasi berbahaya yang sedang menjelang menuju wilayahnya. Scott pada saat itu meminta warga agar segera mungkin angkat kaki meninggalkan wilayah tersebut.

Sang Gubernur terus mengulangi bahwa tak akan ada yang bisa selamat dari hantaman badai Irma. Pilihannya, segera meninggalkan Florida atau tetap berada di sana dan menuju shelter yang disiapkan di wilayah-wilayah yang relatif aman.

“Ancaman badai ini tak main-main. Tingginya bisa menelan rumah Anda, bayangkan. Angin berkekuatan sangat cepat dan tak akan ada yang bisa selamat jika berada di jalur badai,” kata Scott sebagaimana dikutip laman Independent.

Sementara Pusat Badai Nasional AS juga mengeluarkan peringatan kuatnya badai Irma. Badai tersebut akan menghempaskan air laut dan merendam sebagian besar daratan Florida. Kecepatan angin diprediksi bisa hingga 200 mil per jam mulai dari Miami hingga Fort Myers.

Selanjutnya..

File Not Found