Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 20 September 2017 | 01:53 WIB
  • Para YouTuber Emas Indonesia

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Mitra Angelia,
    • Afra Augesti,
    • Lazuardhi Utama
Para YouTuber Emas Indonesia
Photo :
  • Twitter/@Google_IDN
YouTuber Golden Play Button
File Not Found

VIVA.co.id – Platform video sudah berkembang fungsinya. Dari awalnya untuk dokumentasi momen khusus dan penting, kini menjadi medium hiburan sampai pendulang uang.

Zaman kini, banyak pengguna internet membuat video kemudian diunggah di medium YouTube untuk mendapatkan penghasilan. Mereka yang aktif membuat konten dan menghasilkan uang dari medium milik Google itu dikenal dengan YouTuber. Tenar di ranah digital membawa keuntungan bagi para YouTuber. Selain dilabeli sebagai seleb digital, mereka menjadikan kreativitas menciptakan konten sebagai profesi baru. 

Beberapa nama tenar YouTuber bisa disebut. Di antaranya Raditya Dika, penulis artis yang juga memanfaatkan medium YouTube untuk mencurahkan ide-idenya (2,7 juta penggemar), kemudian ada nama Edho Zhell (1,5 juta penggemar) dengan video kocak-kocaknya. Beragam nama lain menyusul menjadi YouTuber terkenal di antaranya SkinnyIndonesian24 yang merupakan nama akun kakak beradik Andovi dan Jovial da Lopez (1,04 juta penggemar), Tim2One (1,3 juta penggemar), Gen Halilintar (1,3 penggemar), Ria Ricis (1,4 juta penggemar) dan Bayu Moekito alias Bayu Skak (1,2 juta penggemar). 

Sebagai penghargaan atas pencapaian jumlah pelanggan lebih dari satu juta, Google memberikan penghargaan dengan menyematkan Gold Play Button. Mereka sebelumnya telah melewati Silver Play Button, untuk YouTuber yang memiliki jumlah pelanggan 100 ribu. Raditya Dika merupakan peraih Golden Play Button pertama dari Indonesia dan kemudian lahir YouTuber dengan jumlah penggemar tembus 1 juta. 

Salah satu pemegang Gold Play Button anyar yaitu Bayu Skak, membeberkan berapa pundi-pundi yang ia dapatkan dari video kreasinya. 

Kini tiap bulannya dia mendapatkan Rp26 jutaan dari video yang diunggah di YouTube. Pendapatan rata-rata itu ia peroleh dari AdSense ataupun proyek-proyek lainnya sebagai artis YouTube.

"Pendapatan dari AdSense kan ditentukan oleh CPM (cost per mille). Ini bayaran yang diberikan ke para YouTuber kalau dia dapat kelipatan 1.000 views pada konten video mereka. Tiap negara CPM-nya berbeda-beda, tergantung pengiklan yang mau mempromosikan produknya," kata YouTuber asal Malang Jawa Timur tersebut.

Bayu Skak tak serta-merta mengandalkan pendapatan dari AdSense. Peraih Golden Play Button pertama dari luar Jakarta itu juga bergabung ke sebuah Multi Channel Network (MCN) untuk menjangkau para brand atau pihak-pihak lain yang ingin bekerja sama. Dari situ, ia dapat meraup pendapatan rata-rata hampir Rp30 juta setiap bulannya. 

Pada 2014, Bayu Skak menerima penghargaan Silver Play Button YouTube karena memiliki lebih dari 100 ribu penggemar. Setahun kemudian, jumlah penggemarnya di YouTube naik menjadi 500 ribu dan kemudian meraih Golden Play Button pada April 2017, saat kiprahnya menjadi YouTuber masuk usia 7 tahun.

YouTuber lainnya yang telah meraih Golden Play Button adalah Ria Ricis. Bagi pengguna internet, nama adik Oki Setiana Dewi itu sudah cukup dikenal. Di jagad dunia maya, perempuan berhijab dengan nama Ria Yunita itu terkenal mulai dari Instagram. Setelah melihat potensi di Instagram, Ria Ricis mengembangkan sayapnya ke medium YouTube. 

Lewat akun Ricis Official, saluran yang dibuka sejak Januari 2016 ini sudah diikuti lebih dari 33 ribu penggemar. Bersama teman-temannya, Ricis pun menelurkan video-video lucu yang menghibur serta lewat permainan squishy dan slime. Dan akhirnya berkat kreativitasnya, dia bisa menggaet 1,4 juta penggemar. 

Ria Ricis merupakan YouTuber wanita pertama di Indonesia yang menyabet Golden Play Button.

Kepopuleran Ria Ricis dalam dunia maya membawa keberkahan tersendiri baginya. Banyaknya penggemar membuat Ricis jadi incaran perusahaan untuk endorse produk mereka. Seiring dengan ketenarannya, dia kini sudah bisa membiayai kebutuhan hidupnya mulai dari kebutuhan membayar biaya kuliah, membeli mobil dari koceknya pribadi tanpa bantuan orang tuanya. 

YouTuber Golden Play Button, Bayu Skak

Bayu Skak, YouTuber Golden Play Button

File Not Found